Rabu, 28/11/2012 13:24 WIB

Elton John Gemparkan Beijing, Dedikasikan Konsernya Untuk Aktivis Anti Pemerintah

Salut dengan semangat juang dan bakat Ai Weiwei.
Oleh: Danang Suryo Leksono
Share :   
image
Elton John (Foto: Ernst Vikne)
Beijing - Elton John membuat kehebohan saat mendedikasikan konsernya di Beijing, pada Minggu (25 November) lalu untuk seniman dan aktivis anti pemerintah China, Ai Weiwei, demikian menurut Associated Press.

Selama beberapa menit dalam konsernya yang berlangsung dua jam, penyanyi 65 tahun tersebut mengatakan bahwa dia mendedikasikan penampilannya malam itu untuk semangat juang dan bakat Ai. Tentunya pernyataan John yang kontroversial tersebut membuat para penonton yang hadir di konsernya terkesima.

Ai WeiWei adalah seorang seniman kontemporer yang berasal dari negeri Tirai Bambu yang aktif membuat patung, instalasi, desain arsitektur, fotografi, kurasi seni, dan film. Ai WeiWei telah banyak menciptakan karya seni yang monumental. Kolaborasi dengan sejumlah seniman lokal maupun internasional kerap dilakukan pria berjenggot dan berbadan tambun ini.

Aktivitas pria kelahiran 18 Mei 1957 ini tidak saja aktif menciptakan karya seni, tetapi juga sering terlibat dalam aksi politik dan budaya yang mengkritik pemerintah Republik Rakyat China secara kritis dan terbuka tentang demokrasi dan hak asasi manusia. Akibat aksinya tersebut, Ai sempat mendekam selama 81 hari di dalam penjara tanpa adanya tuduhan resmi.

Pemerintah China memberikan kontrol ketat kepada setiap konser yang dihelat di negara paling luas di benua Asia tersebut. Pemerintah China memperketat pengawasan setelah Bjork berteriak, “Tibet,Tibet” dalam pertunjukannya di Shanghai pada tahun 2008 silam.

(RS/RS)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Sabtu, 20 Desember 2014 09:45 WIB

Rahasia MLTR Eksis 25 Tahun Bermusik

Rahasia MLTR Eksis 25 Tahun Bermusik
Bukan perkara mudah menjaga sebuah grup musik tetap solid untuk waktu yang lama. Tapi Michael Learns To Rock (MLTR)..
 
Jumat, 19/12/2014 16:44 WIB

Ini Harga Tiket Konser Taeyang di Jakarta

Setelah mengumumkan jadwal konser Taeyang di Jakarta, kini promotor Synergism Entertainment telah merilis ...
 
 

Incoming

Jumat, 12/12/2014 20:41 WIB

Incoming: TARING, Hardcore Tempur Bandung

Taring terdiri dari empat personel yaitu Gebeg (drum), Ferry (bass), Angga (gitar) dan Hardy (vokal). Saat ditanya mengapa..

Music Biz

Rabu, 17/12/2014 19:05 WIB

Wahai Musisi Indonesia, Perkenalkan, Zimbalam

Zimbalam selaku penyedia jasa distribusi musik digital telah merilis produk khusus untuk pasar musik Indonesia via situs..

Q & A

Selasa, 18/11/2014 18:12 WIB

Q&A: Tonstartssbandht

Album Smiley Smile dari The Beach Boys boleh saja disambut dengan kebingungan publik saat pertama kali dirilis pada September..