Jumat, 19/10/2012 18:04 WIB
icon_star_full icon_star_full icon_star_full icon_star_half icon_star_off

Movie Review: Frankenweenie

Martin Short, Catherine O'Hara, Martin Landau, Winona Ryder. Sutradara: Tim Burton.

Memajang kematangan Tim Burton dalam menyutradarai film animasi.
Oleh: Reno Nismara
Share :   
image
Setidaknya ada dua pencapaian yang diraih sineas eksentrik penyuka tema gothic, Tim Burton, lewat Frankenweenie selaku film animasi penuhnya yang ketiga setelah The Night Before Christmas dan Corpse Bride (sebagai catatan, James and the Giant Peach memuat segmen live action).

Kedua pencapaian tersebut datang secara keroyokan, yaitu fakta bahwa Frankenweenie merupakan film panjang format hitam putih pertama dan juga film animasi bergaya stop-motion pertama yang diputar di IMAX 3D. Namun ada satu lagi pencapaian krusial yang membuat film ini jadi lebih sedap disaksikan, yaitu kematangan Tim Burton dalam menggarap film animasi; Burton pasti setuju betul dengan orang yang pertama kali bilang kalau pengalaman adalah pelajaran paling berharga. Frankenweenie bahkan terasa lebih atraktif dibanding film-film live action-nya belakangan ini.

Frankenweenie sendiri bercerita soal seorang anak cerdas bernama Victor Frankenstein (Charlie Tahan), yang tinggal bersama kedua orang tuanya, Edward Frankenstein (Martin Short, yang juga mengisi suara dua karakter lain) dan Susan Frankenstein, dan lebih memilih untuk berinovasi di loteng rumahnya dan atau bermain dengan anjing peliharaannya yang bernama Sparky dibanding bersosialisasi. Hubungan Victor dan Sparky sangat dekat, mereka hanya terpisah saat Victor menuntut ilmu di sekolahnya. Hingga suatu saat, Sparky meninggal tertabrak mobil.

Mencoba menghibur anaknya, orang tua Victor pun berkata: “Jika bisa, kami pasti akan menghidupkannya kembali.” Bak mantra, Frankenweenie langsung mengandung nuansa gothic yang meningkat dibanding sebelumnya setelah ucapan tersebut dilontarkan. Tanpa pernah dibayangkan oleh kedua orang tuanya, Victor benar-benar mencoba menghidupkan Sparky kembali setelah mendapat teori soal halilintar di sekolahnya dari guru eksentrik bernama Mr. Rzykruski (Martin Landau); dan berhasil.

Pilihan Burton untuk membuat sebuah film hitam putih lengkap dengan segala unsur persembahan terhadap gaya pembuatan film masa lampau, terutama film Frankenstein rilisan tahun 1931 garapan James Whale, terbukti tepat sasaran dan menambah keunikan tersendiri bagi Frankenweenie. Mungkin kadar kedisiplinan dan artistik tinggi itulah yang membuat Burton berani untuk mencampuradukkan berbagai formula horor klasik ke film ini, terutama pada babak klimaks yang tidak akan seru jika diceritakan dalam sebuah ulasan.

Frankenweenie memang bukan karya terbaik Burton, tapi sudah pasti merupakan salah satu karyanya yang paling menyenangkan dalam beberapa tahun belakangan; mengingat nihilnya jiwa yang ada di remake kisah Alice in Wonderland dan Dark Shadows yang memiliki konsep seksi namun gagal dalam praktik.
(RS/RS)

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Kamis, 31 Juli 2014 17:10 WIB

Siap Sambut Debut Red Velvet?

Siap Sambut Debut Red Velvet?
Red Velvet sepertinya sudah tak sabar untuk unjuk gigi di panggung musik KPop. Girlband baru SM Entertainment itu akan..
 
Jumat, 25/07/2014 22:08 WIB

Gitar Hingga Sedan Milik Elvis Presley Akan Dilelang

Sebuah gitar Martin D-28, sedan Cadillac Seville 1976 serta naskah pribadi film pertama Elvis Presley, Love .....
 
 

Incoming

Rabu, 16/07/2014 19:30 WIB

Incoming: RABU: Duo Folk Mistik Pengantar Nuansa Bergidik

Orang-orang menyebut musik mereka mistis dan misterius. Ditambah dengan menggunakan foto taburan kembang ziarah sebagai sampul..

Music Biz

Rabu, 18/06/2014 19:59 WIB

YouTube Akan Hapus Video-video Musik Label Independen?

Situs berbagi video, YouTube dikabarkan akan menghapus video-video musisi yang berasal dari label independen menyusul sengketa..

Q & A

Senin, 21/07/2014 18:10 WIB

Exclusive Q&A: Anton Newcombe (The Brian Jonestown Massacre)

“Keep music evil,” itulah semboyan yang lantang diserukan oleh Anton Newcombe selaku aktor intelektual grup..