Jumat, 03/08/2012 14:43 WIB

Driven by Animals, Proyek Idealisme Bentukan Gitaris Drive

Nama band yang mengaku terinspirasi dari gaya angkutan umum di ibukota.
Oleh: Marla Singer
Share :   
image
Driven by Animals (Foto: Dok. Driven by Animals)
Jakarta - Sebuah band baru dibentuk Budi Rahardjo yang dikenal sebagai gitaris Drive. Band yang diberi nama Driven by Animals itu diakui Budi sebagai proyek idealis yang kemudian dijalankan bersama tiga orang musisi lainnya.

Ide untuk membuat Driven by Animals (DBA) muncul pada Oktober 2010 silam. Saat itu Drive sedang tak banyak kegiatan dan Budi memiliki cukup materi lagu yang dirasa kurang cocok untuk bandnya.

Budi pun mengajak sound enginer Lulud untuk mengisi posisi drum. Proyek berjalan semakin serius ketika akhirnya bassist Drive Dygo ikut mengisi rekaman. Ario dari band The Adams melengkapi formasi mereka sebagai gitaris.

"Budi dan Dygo menjadikan Drive sebagai 'jalan tol' karier musik mereka, dan DBA sbg 'jalan alternatif' tempat melampiaskan idealisme musik yang lebih cutting edge," ujar Budi kepada Rolling Stone.

Budi pun mencoba hal baru lewat DBA. Selain memainkan gitar, Budi juga berperan sebagai vokalis. Menurut Budi langkah tersebut terbilang nekat. DBA beralasan akan lebih seru jika lagu-lagu mereka dinyanyikan oleh seseorang yang memang bukan vokalis.

Selain mencoba hal baru, mereka juga menghindari nafas yang sama dengan Drive. Karena materi-materi yang diciptakan masih dari orang yang sama. Hanya saja konsep DBA lebih ngerock ketimbang Drive.

Pada 2011 lalu DBA sempat merilis sebuah lagu bertajuk "Perangkap Serigala" lewat label Nagaswara. Dan 21 Juli 2012 DBA kembali mengeluarkan single "Jiwa Muda." DBA "hidup kembali" setelah sempat cuti sesaat. Lalu apa yang membuat mereka menamai bandnya dengan DBA yang mengandung unsur nama "Drive" di dalamnya?

"Sebenarnya kata "Driven" pada DBA nggak ada hubungan dengan Drive. Kebetulan aja mirip. Ide nama itu terpikir pas aku lagi menyetir mobil dan diserempet angkutan umum. Saking kesalnya sempat terpikir kendaraan-kendaraan umum di Jakarta itu dikendarai binatang, karena banyak melanggar aturan lalu lintas. Maka lahirlah nama Driven By Animals," terang Budi.

(RS/RS)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Rabu, 26 Nopember 2014 11:59 WIB

Bob Dylan Gelar Konser untuk Satu Orang Saja

Bob Dylan Gelar Konser untuk Satu Orang Saja
Entah apa yang ada di pikiran musisi legendaris Bob Dylan perihal penampilan terbarunya. Belum lama ini, Dylan..
 
Selasa, 25/11/2014 18:33 WIB

Film Silat 'Pendekar Tongkat Emas' Tayang di Bioskop Mulai 18 Desember Mendatang

Memakan waktu dua tahun mulai dari riset hingga penyelesaian pasca-produksi, film silat berjudul Pendekar ...
 
 

Incoming

Rabu, 05/11/2014 21:26 WIB

Incoming: Aljabar, Unjuk Gigi Unit Hip Hop Jazz Semarang

Kancah hiphop Semarang barangkali terbilang miskin rilisan, begitu pula jazz. Kehadiran Aljabar berada pada dua kanal yang..

Music Biz

Senin, 24/11/2014 19:58 WIB

CEO Mundur, Masa Depan Vevo Terancam

Vevo dikabarkan tengah bermasalah. Rencana mereka untuk menjual perusahaan dengan harga 1 miliar AS gagal walaupun Yahoo,..

Q & A

Selasa, 18/11/2014 18:12 WIB

Q&A: Tonstartssbandht

Album Smiley Smile dari The Beach Boys boleh saja disambut dengan kebingungan publik saat pertama kali dirilis pada September..