Selasa, 31/07/2012 10:54 WIB
icon_star_full icon_star_full icon_star_full icon_star_off icon_star_off

CD Review: Ariel, Uki, Lukman, Reza, David

Suara Lainnya Musica Studio's

Album pengisi kekosongan oleh band yang dulu dikenal sebagai Peterpan
Oleh: Hasief Ardiasyah
Share :   
image
Susah untuk tak bersimpati dengan band yang dulu dikenal sebagai Peterpan. Setelah terpaksa melepas nama lamanya, vokalis Nazril “Ariel” Irham terjerat kasus hukum yang membuatnya dipenjara. Maka Suara Lainnya menjadi jalan tengah bagi rekan-rekan Ariel untuk tetap aktif dan mengibarkan nama band -- yang untuk sementara ini adalah Ariel, Uki, Lukman, Reza, David, nama yang akurat walau mengesalkan untuk diucapkan berulang kali. Suara Lainnya berisi lagu-lagu lama Peterpan dalam aransemen baru. Bagi yang menikmati “Cobalah Mengerti” yang diubah menjadi balada elegan dengan vokal syahdu Momo dari Geisha dan mengharapkan interpretasi oleh penyanyi lainnya, maka Suara Lainnya akan mengecewakan. Ternyata yang dimaksud “lainnya” adalah “selain vokal”; berbagai instrumen memainkan melodi yang sebelumnya dinyanyikan oleh Ariel, seperti biola Idris Sardi pada “Taman Langit” dan suling Sunda oleh Karinding Attack pada “Sahabat”. Piano menjadi instrumen dominan, antara lain karena konsep awal album ini memang interpretasi dengan piano, dan mungkin juga untuk memperkenalkan keyboardist David Kurnia Alfred Dorfel sebagai anggota baru dengan kontribusi tak kalah besar dibanding senior-seniornya. Aransemen baru lagu-lagunya ditata rapi dan menarik, tapi format instrumental mengakibatkan ketiadaan penafsiran vokalis lain terhadap lirik yang menjadi salah satu kekuatan utama band ini. Suara Lainnya ditutup dengan “Dara”, lagu solo Ariel yang menjadi bonus di album ini. Dalam sekejap, karya cantik dengan vokal Ariel yang kalem ini langsung mengingatkan pada apa yang kurang dari lagu-lagu sebelumnya. “Dara” membuat pendengar tak sabar menunggu Ariel untuk keluar dari penjara, agar bisa merilis album baru dengan nama band baru yang jauh lebih mudah dilafalkan.
(RS/RS)

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Selasa, 28 April 2015 16:46 WIB

Jelang Manggung di LiveChatkustik, Setia Band Temui Penggemar

Jelang Manggung di LiveChatkustik, Setia Band Temui Penggemar
Bagi penggemar, bertemu hingga berfoto bersama idola merupakan hal yang sangat diimpikan. Tak jarang mereka rela..
 
Selasa, 28/04/2015 16:30 WIB

Tayang Tahun Depan, Film 'Independence Day 2' Sedang Diproduksi

Sutradara Roland Emmerich dikabarkan telah memulai proses syuting untuk film Independence Day 2. Hal tersebut ...
 
 

Incoming

Kamis, 05/03/2015 13:32 WIB

Incoming: Gerram, Amarah dari Selatan Sumatera

Darah sedang mengalir dua kali lebih cepat.
Untuk pertama kalinya sejak resmi dibentuk empat tahun silam, Gerram sedang..

Music Biz

Senin, 27/04/2015 15:14 WIB

Music Biz: TuneCore Diakuisisi Believe Digital

Distributor musik digital independen yang berbasis di lebih dari tiga benua, Believe Digital pada pekan lalu mengumumkan sebuah..

Q & A

Senin, 20/04/2015 19:02 WIB

Q&A: Ron 'Bumblefoot' Thal

Seorang gitaris rock asal Amerika Serikat, Ron "Bumblefoot" Thal, pada Kamis (16/4) lalu baru saja berkunjung ke Indonesia. Pada..