Selasa, 31/07/2012 10:54 WIB
icon_star_full icon_star_full icon_star_full icon_star_off icon_star_off

CD Review: Ariel, Uki, Lukman, Reza, David

Suara Lainnya Musica Studio's

Album pengisi kekosongan oleh band yang dulu dikenal sebagai Peterpan
Oleh: Hasief Ardiasyah
Share :   
image
Susah untuk tak bersimpati dengan band yang dulu dikenal sebagai Peterpan. Setelah terpaksa melepas nama lamanya, vokalis Nazril “Ariel” Irham terjerat kasus hukum yang membuatnya dipenjara. Maka Suara Lainnya menjadi jalan tengah bagi rekan-rekan Ariel untuk tetap aktif dan mengibarkan nama band -- yang untuk sementara ini adalah Ariel, Uki, Lukman, Reza, David, nama yang akurat walau mengesalkan untuk diucapkan berulang kali. Suara Lainnya berisi lagu-lagu lama Peterpan dalam aransemen baru. Bagi yang menikmati “Cobalah Mengerti” yang diubah menjadi balada elegan dengan vokal syahdu Momo dari Geisha dan mengharapkan interpretasi oleh penyanyi lainnya, maka Suara Lainnya akan mengecewakan. Ternyata yang dimaksud “lainnya” adalah “selain vokal”; berbagai instrumen memainkan melodi yang sebelumnya dinyanyikan oleh Ariel, seperti biola Idris Sardi pada “Taman Langit” dan suling Sunda oleh Karinding Attack pada “Sahabat”. Piano menjadi instrumen dominan, antara lain karena konsep awal album ini memang interpretasi dengan piano, dan mungkin juga untuk memperkenalkan keyboardist David Kurnia Alfred Dorfel sebagai anggota baru dengan kontribusi tak kalah besar dibanding senior-seniornya. Aransemen baru lagu-lagunya ditata rapi dan menarik, tapi format instrumental mengakibatkan ketiadaan penafsiran vokalis lain terhadap lirik yang menjadi salah satu kekuatan utama band ini. Suara Lainnya ditutup dengan “Dara”, lagu solo Ariel yang menjadi bonus di album ini. Dalam sekejap, karya cantik dengan vokal Ariel yang kalem ini langsung mengingatkan pada apa yang kurang dari lagu-lagu sebelumnya. “Dara” membuat pendengar tak sabar menunggu Ariel untuk keluar dari penjara, agar bisa merilis album baru dengan nama band baru yang jauh lebih mudah dilafalkan.
(RS/RS)

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Kamis, 31 Juli 2014 17:10 WIB

Siap Sambut Debut Red Velvet?

Siap Sambut Debut Red Velvet?
Red Velvet sepertinya sudah tak sabar untuk unjuk gigi di panggung musik KPop. Girlband baru SM Entertainment itu akan..
 
Jumat, 25/07/2014 22:08 WIB

Gitar Hingga Sedan Milik Elvis Presley Akan Dilelang

Sebuah gitar Martin D-28, sedan Cadillac Seville 1976 serta naskah pribadi film pertama Elvis Presley, Love .....
 
 

Incoming

Rabu, 16/07/2014 19:30 WIB

Incoming: RABU: Duo Folk Mistik Pengantar Nuansa Bergidik

Orang-orang menyebut musik mereka mistis dan misterius. Ditambah dengan menggunakan foto taburan kembang ziarah sebagai sampul..

Music Biz

Rabu, 18/06/2014 19:59 WIB

YouTube Akan Hapus Video-video Musik Label Independen?

Situs berbagi video, YouTube dikabarkan akan menghapus video-video musisi yang berasal dari label independen menyusul sengketa..

Q & A

Senin, 21/07/2014 18:10 WIB

Exclusive Q&A: Anton Newcombe (The Brian Jonestown Massacre)

“Keep music evil,” itulah semboyan yang lantang diserukan oleh Anton Newcombe selaku aktor intelektual grup..