Selasa, 31/07/2012 10:54 WIB
icon_star_full icon_star_full icon_star_full icon_star_off icon_star_off

CD Review: Ariel, Uki, Lukman, Reza, David

Suara Lainnya Musica Studio's

Album pengisi kekosongan oleh band yang dulu dikenal sebagai Peterpan
Oleh: Hasief Ardiasyah
Share :   
image
Susah untuk tak bersimpati dengan band yang dulu dikenal sebagai Peterpan. Setelah terpaksa melepas nama lamanya, vokalis Nazril “Ariel” Irham terjerat kasus hukum yang membuatnya dipenjara. Maka Suara Lainnya menjadi jalan tengah bagi rekan-rekan Ariel untuk tetap aktif dan mengibarkan nama band -- yang untuk sementara ini adalah Ariel, Uki, Lukman, Reza, David, nama yang akurat walau mengesalkan untuk diucapkan berulang kali. Suara Lainnya berisi lagu-lagu lama Peterpan dalam aransemen baru. Bagi yang menikmati “Cobalah Mengerti” yang diubah menjadi balada elegan dengan vokal syahdu Momo dari Geisha dan mengharapkan interpretasi oleh penyanyi lainnya, maka Suara Lainnya akan mengecewakan. Ternyata yang dimaksud “lainnya” adalah “selain vokal”; berbagai instrumen memainkan melodi yang sebelumnya dinyanyikan oleh Ariel, seperti biola Idris Sardi pada “Taman Langit” dan suling Sunda oleh Karinding Attack pada “Sahabat”. Piano menjadi instrumen dominan, antara lain karena konsep awal album ini memang interpretasi dengan piano, dan mungkin juga untuk memperkenalkan keyboardist David Kurnia Alfred Dorfel sebagai anggota baru dengan kontribusi tak kalah besar dibanding senior-seniornya. Aransemen baru lagu-lagunya ditata rapi dan menarik, tapi format instrumental mengakibatkan ketiadaan penafsiran vokalis lain terhadap lirik yang menjadi salah satu kekuatan utama band ini. Suara Lainnya ditutup dengan “Dara”, lagu solo Ariel yang menjadi bonus di album ini. Dalam sekejap, karya cantik dengan vokal Ariel yang kalem ini langsung mengingatkan pada apa yang kurang dari lagu-lagu sebelumnya. “Dara” membuat pendengar tak sabar menunggu Ariel untuk keluar dari penjara, agar bisa merilis album baru dengan nama band baru yang jauh lebih mudah dilafalkan.
(RS/RS)

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Selasa, 02 September 2014 14:30 WIB

'Paula': Ungkapan Kesedihan Robin Thicke yang Berlebihan

'Paula': Ungkapan Kesedihan Robin Thicke yang Berlebihan
Dipilih sebagai jimat keberuntungan seorang Robin Thicke, keindahan Paula --sudah pasti nama perempuan-- belum mampu..
 
Senin, 01/09/2014 20:09 WIB

'Roaring Currents' Menjadi Film Terlaris dalam Sejarah Korea Selatan

Belum puas setelah dinobatkan sebagai film dengan jumlah penonton terbanyak, kini film Roaring Currents .....
 
 

Incoming

Rabu, 06/08/2014 19:19 WIB

Incoming: YURA: Penyanyi-Pencipta Lagu-Pianis Musik Bagus Indonesia

Yura sukses memukau Armand Maulana, Giring, Sherina dan Glenn Fredly saat pertama kali tampil di audisi The Voice Indonesia..

Music Biz

Kamis, 14/08/2014 19:30 WIB

Jumat Akan Jadi Hari Rilis Musik Global

Setidaknya mulai setahun dari sekarang – sekitar Juli tahun depan – sebuah peraturan yang mengatur hari perilisan..

Q & A

Selasa, 02/09/2014 13:45 WIB

Q&A: Hayley Williams (Paramore)

Empat tahun lalu, saat Paramore kehilangan anggota pendirinya Zac dan Josh Farro dalam perpisahan yang sengit di depan umum,..