Selasa, 31/07/2012 10:54 WIB
icon_star_full icon_star_full icon_star_full icon_star_off icon_star_off

CD Review: Ariel, Uki, Lukman, Reza, David

Suara Lainnya Musica Studio's

Album pengisi kekosongan oleh band yang dulu dikenal sebagai Peterpan
Oleh: Hasief Ardiasyah
Share :   
image
Susah untuk tak bersimpati dengan band yang dulu dikenal sebagai Peterpan. Setelah terpaksa melepas nama lamanya, vokalis Nazril “Ariel” Irham terjerat kasus hukum yang membuatnya dipenjara. Maka Suara Lainnya menjadi jalan tengah bagi rekan-rekan Ariel untuk tetap aktif dan mengibarkan nama band -- yang untuk sementara ini adalah Ariel, Uki, Lukman, Reza, David, nama yang akurat walau mengesalkan untuk diucapkan berulang kali. Suara Lainnya berisi lagu-lagu lama Peterpan dalam aransemen baru. Bagi yang menikmati “Cobalah Mengerti” yang diubah menjadi balada elegan dengan vokal syahdu Momo dari Geisha dan mengharapkan interpretasi oleh penyanyi lainnya, maka Suara Lainnya akan mengecewakan. Ternyata yang dimaksud “lainnya” adalah “selain vokal”; berbagai instrumen memainkan melodi yang sebelumnya dinyanyikan oleh Ariel, seperti biola Idris Sardi pada “Taman Langit” dan suling Sunda oleh Karinding Attack pada “Sahabat”. Piano menjadi instrumen dominan, antara lain karena konsep awal album ini memang interpretasi dengan piano, dan mungkin juga untuk memperkenalkan keyboardist David Kurnia Alfred Dorfel sebagai anggota baru dengan kontribusi tak kalah besar dibanding senior-seniornya. Aransemen baru lagu-lagunya ditata rapi dan menarik, tapi format instrumental mengakibatkan ketiadaan penafsiran vokalis lain terhadap lirik yang menjadi salah satu kekuatan utama band ini. Suara Lainnya ditutup dengan “Dara”, lagu solo Ariel yang menjadi bonus di album ini. Dalam sekejap, karya cantik dengan vokal Ariel yang kalem ini langsung mengingatkan pada apa yang kurang dari lagu-lagu sebelumnya. “Dara” membuat pendengar tak sabar menunggu Ariel untuk keluar dari penjara, agar bisa merilis album baru dengan nama band baru yang jauh lebih mudah dilafalkan.
(RS/RS)

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Kamis, 17 April 2014 21:39 WIB

Rilis 'Marilah Berlari', Alexa Bantah Isu Bubar

Rilis 'Marilah Berlari', Alexa Bantah Isu Bubar
Grup band Alexa memang sudah lama tak terdengar namanya. Hal tersebut membuat banyak pihak menganggap band yang berdiri..
 
Kamis, 17/04/2014 23:16 WIB

Kotak Kemasan Vinil 'Spacerider' Milik Suri Mengandung Serpihan Meteorit

Untuk Indonesia, Record Store Day 2014 berpusat di Jakarta lewat gelaran dua hari—Sabtu (19/4) di .....
 

Incoming

Senin, 07/04/2014 12:41 WIB

Incoming: Matajiwa: Duo Folk Aneh Beramunisi Eksplorasi

“Itu semacam perumpamaan untuk definisi brengsek, tapi kalau brengsek kan masih bisa dipakai dalam hal yang positif. Nah,..

Music Biz

Rabu, 13/11/2013 11:48 WIB

Memangnya Ada Musik Indonesia?

“Memangnya ada musik Indonesia? Memangnya ada kebudayaan Indonesia?” ujar etnomusikolog Rizaldi Siagian ketika saya..

Q & A

Selasa, 01/04/2014 16:37 WIB

Q&A: Rick Ross

Obrolan tentang ganja, wanita, album barunya yang 'klasik' dan rencana evakuasi jika Miami tenggelam.