Senin, 30/07/2012 12:47 WIB

Q n A: Armand Maulana

Oleh: Reno Nismara
Share :   
image
Armand Maulana (Foto: Decky Arrizal)
Jakarta - Guna melanjutkan tradisi sejak delapan tahun silam dengan album Raihlah Kemenangan, Gigi kini sedang bersiap merilis sekumpulan materi yang bersinggungan dengan agama dalam rangka menyambut bulan Ramadan.

Lagu “Aku dan Aku” yang berkisah soal individu-individu pemaksa kehendak telah ditunjuk sebagai single sekaligus lagu tema serial televisi khusus bulan puasa, Para Pencari Tuhan. Ini adalah tahun keempat secara berturut-turut Gigi terlibat dalam serial asuhan Deddy Mizwar tersebut; sebelumnya mereka menyumbangkan lagu “Beribadah Yok”, “Amnesia”, dan “Pemimpin dari Surga”.

Setelah puasa album penuh selama dua kali bulan Ramadan, tahun ini Gigi telah merencanakan album berisi sepuluh sampai dua belas lagu yang tajuknya masih dicari. Jadwal Tur Ngabuburit yang telah dilakukan Gigi sejak 2004 silam pun sudah diumumkan, mereka akan tampil antara lain di Tasikmalaya, Sukabumi, Serang, hingga Brebes.
Berikut adalah hasil wawancara Rolling Stone dengan Armand Maulana tentang hal-hal di atas plus pendapatnya soal kondisi album religi di pasaran dewasa ini.

Apa yang membuat Gigi konsisten merilis materi religi?
Selama Gigi ada energi untuk mengeluarkan sebuah karya, baik reguler maupun religi, ya keluarkan saja. Sayang juga sih, bukannya sombong atau apa, tapi berkat album Raihlah Kemenangan yang dirilis 2004 silam, khasanah musik religi Indonesia menjadi berkembang untuk generasi muda dan kembali ramai, padahal sebelumnya dikuasai Bimbo saja. Raihlah Kemenangan bisa dibilang mengubah pakem musik religi di Indonesia, karena ada warna musik rock di sana, biasanya musik religi kan lekat dengan suasana adem ayem. Setelah itu, alternatif musik religi di Indonesia jadi lebih banyak.

Sejak 2010, ketika Gigi merilis lagu religi berjudul “Amnesia”, kalian tidak lagi merilis album penuh untuk bulan Ramadan. Kenapa?
Saat pertama kali merilis Raihlah Kemenangan, situasinya masih memungkinkan untuk mengeluarkan sebuah album penuh. Lama-kelamaan, selain karena kondisi industri musik Indonesia yang semakin tidak sehat, kami menyadari bahwa lebih baik untuk merilis album mini. Kalau berbicara soal untung, lebih menguntungkan untuk merilis satu, dua, atau tiga lagu saja. Menurut gue, dan mungkin manajemen Gigi juga, untuk merilis sebuah album penuh dibutuhkan strategi yang sangat matang akibat kondisi industri musik Indonesia yang kronis.

Kalau dikerucutkan, kondisi album religi di pasaran sekarang seperti apa?
Sekarang sih terbagi-bagi, kalau dulu ketika kami merilis Raihlah Kemenangan masih belum ada musik religi yang aransemennya bisa dibilang modern. Risikonya adalah saat album seperti itu diterima banyak kalangan, jadi banyak pula yang membuat album serupa sehingga makin banyak alternatif yang dapat dipilih orang. Secara dagang, sebenarnya jadi terbagi rata; mulai dari kaset, CD, RBT, hingga tur. Untuk Tur Ngabuburit tahun pertama sampai keempat, Gigi masih tampil di puluhan kota dalam tiga puluh hari puasa. Namun lama-lama, jumlah itu mengecil karena band seperti Wali dan Ungu juga merilis album religi. Ada pembagian konser yang merata dalam tiga puluh hari puasa.

Untuk lagu “Amnesia”, Gigi merilis album kompilasi eksklusif dengan grup/musisi lain dan bekerja sama dengan Carrefour. Apakah langkah tersebut meraih sukses?
Secara penjualan fisik, biasa saja. Di saat kami punya ide untuk bekerja sama dengan Carrefour, industri musik Indonesia sudah kronis, terutama mengenai pembajakan. Fisik sudah benar-benar tidak dilihat karena digital mulai mencuat, tautan unduhan ilegal sudah sangat memasyarakat. Paling tidak, gerai Carrefour tersebar banyak di kota-kota Indonesia, dan itu memudahkan orang-orang yang ingin membeli album tersebut.

Untuk tahun ini akan ada album penuh?
Ada, kompilasi materi Gigi yang belum pernah dirilis dalam bentuk fisik sebelumnya, seperti lagu religi dari tahun lalu, “Pemimpin dari Surga” dan “Cintailah Mereka”, yang kami tulis untuk anak-anak yatim piatu. Selain itu, kami diminta menulis lagu untuk film yang bertema obat-obatan terlarang, kemungkinan juga akan masuk ke album ini. Kira-kira akan ada sepuluh sampai dua belas lagu.

Apakah akan ada sistem penjualan berbeda seperti yang Gigi lakukan dengan Carrefour?
Ada banget, tapi gue belum bisa membocorkan karena belum mencapai kesepakatan penuh. Jika terjadi, ini merupakan terobosan baru untuk Gigi. Gue nggak tahu ya, mungkin band lain sudah pernah melakukan hal ini sebelumnya, tetapi Gigi belum.

Lagu “Aku dan Aku” kembali menjadi lagu tema Para Pencari Tuhan. Apa yang mendorong kalian untuk terus melaksanakannya?
Nggak perlu munafik, untuk Gigi itu adalah bentuk promosi yang paling oke. Bayangkan saja, Para Pencari Tuhan membuat lagu Gigi diputar dua kali sehari, masing-masing saat sahur dan buka puasa, dalam satu bulan. Tapi selain itu, gue jadi punya kesempatan untuk berdiskusi dengan Deddy Mizwar. Bang Deddy sangat membuka wawasan gue terhadap sebuah lagu religi.

Para personel Gigi memang penonton Para Pencari Tuhan?
Bukannya bohong ya, tapi gue memang penonton Para Pencari Tuhan. Awalnya karena penasaran kenapa serial itu bisa meraih rating tinggi, dan setelah gue tonton, ternyata temanya memang menarik. Pembicaraan sehari-hari tetapi dihubungkan dengan ayat-ayat kitab suci dan lalu dikemas secara sederhana. Sangat kena di gue.

(RS/RS)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_off
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Sabtu, 20 Desember 2014 09:45 WIB

Rahasia MLTR Eksis 25 Tahun Bermusik

Rahasia MLTR Eksis 25 Tahun Bermusik
Bukan perkara mudah menjaga sebuah grup musik tetap solid untuk waktu yang lama. Tapi Michael Learns To Rock (MLTR)..
 
Jumat, 19/12/2014 16:44 WIB

Ini Harga Tiket Konser Taeyang di Jakarta

Setelah mengumumkan jadwal konser Taeyang di Jakarta, kini promotor Synergism Entertainment telah merilis ...
 
 

Incoming

Jumat, 12/12/2014 20:41 WIB

Incoming: TARING, Hardcore Tempur Bandung

Taring terdiri dari empat personel yaitu Gebeg (drum), Ferry (bass), Angga (gitar) dan Hardy (vokal). Saat ditanya mengapa..

Music Biz

Rabu, 17/12/2014 19:05 WIB

Wahai Musisi Indonesia, Perkenalkan, Zimbalam

Zimbalam selaku penyedia jasa distribusi musik digital telah merilis produk khusus untuk pasar musik Indonesia via situs..

Q & A

Selasa, 18/11/2014 18:12 WIB

Q&A: Tonstartssbandht

Album Smiley Smile dari The Beach Boys boleh saja disambut dengan kebingungan publik saat pertama kali dirilis pada September..