Senin, 02/07/2012 16:11 WIB

Incoming: Tristan

Duo folk alternatif menjanjikan asal Jakarta baru saja merilis album debutnya, 'Home.'
Oleh: Decky Arrizal
Share :   
image
Tristan (Foto: Decky Arrizal)
Jakarta - Tristan adalah Andrie Ridwan, vokalis yang merangkap gitaris, dan Andrew Hutasoit, multi-instrumentalis. Duo folk alternatif asal Jakarta tersebut baru saja merilis debut album bertajuk Home melalui bendera label rekaman Demajors.

Andrie dan Andrew merupakan dua orang sahabat yang sudah bermain musik dalam sebuah band saat masa-masa Sekolah Menengah Atas (SMA), tetapi kemudian harus berpisah demi melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Selama berpisah, masing-masing tetap menjalani aktifitas bermusik dengan berbagai kelompok musik, namun tidak membuahkan karya.

Di tahun 2009, keduanya kembali bertemu dan menemukan kesamaan visi dalam bermusik. Tidak lama kemudian terciptalah sebuah mini album berisi lima lagu. Mini album tersebut menandai perjalanan bermusik mereka menggunakan nama Tristan.

Menurut etimologi, Tristan mempunyai arti kesedihan, namun bagi kedua pendirinya, Tristan adalah rumah. Tempat dimana mereka merasa nyaman menemukan diri mereka sendiri melalui guratan lirik dan nada.

Home berisi sebelas lagu yang hampir seluruhnya ditulis menggunakan bahasa Inggris. Satu-satunya lagu berbahasa Indonesia di album ini adalah “Jelang Malam”, single yang berhasil mengantarkan Tristan menjadi jawara di sebuah chart indie radio Jakarta.

Mengenai lirik yang didominasi bahasa Inggris, Andrie mempunyai cerita tersendiri.
“Karena dari kecil menurut gue (bahasa) Inggris lebih gimana, gitu. Kayak lebih ‘wah’. Jadi kayak sudah ketanam dengan tidak sengaja,” ujarnya sambil tertawa saat diwawancari Rolling Stone.

Menurut rilis pers, Tristan merekam semua lagu menggunakan teknik home-recording dengan berbagai instrumen yang memperkaya bebunyian di album debut milik mereka tersebut. Warna musik Tristan sendiri diakui Andrew mendapatkan pengaruh dari berbagai musisi dan grup seperti The Beatles, Radiohead, Nick Drake, Jon Brion dan Brooke Fraser.

Sebagai penanggung jawab di departemen lirik, Andrie menangkap kegelisahan dari kehidupan sehari-hari dan menuangkannya dari berbagai sudut pandang. Lirik yang menurutnya sederhana namun memiliki makna yang mendalam secara universal.

Ketika ditanya mengapa lagu dan lirik dalam album Home memiliki nuansa yang sendu, Andrie mengakui bahwa semua lirik yang ia tulis merupakan pengalaman pribadinya.
“Kebetulan pas bikin album itu mood-nya sedang jelek, lagi down banget, jadi keluarnya seperti itu,” tuturnya.

Setelah berhasil merilis album debut, Andrie dan Andrew mengatakan bahwa mereka tidak mempunyai keinginan banyak saat ini maupun sebelumnya. Mereka mengaku hanya ingin karya mereka bisa didengarkan oleh orang banyak, tidak hanya disimpan. Dan mereka menambahkan, Demajors sangat membantu untuk bisa menyebarluaskan serta menjual Home dengan skala yang lebih luas dan besar.

“Intinya, album ini harus didengarkan ke orang banyak dan gimana caranya orang-orang bisa mendengarnya. Jadi dari awal, kami nggak mengharapkan yang macem-macem juga,” tutup Andrew santai.

Perjalanan Tristan sudah dimulai, dan mereka mengambil langkah pertama dari rumah mereka sendiri.

(RS/RS)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_off
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Rabu, 26 Nopember 2014 23:45 WIB

Suara Nasionalisme di Konser 'Satu Indonesia: Salute to Guruh Soekarno Putra'

Suara Nasionalisme di Konser 'Satu Indonesia: Salute to Guruh Soekarno Putra'
Penonton bersorak-sorak meminta layar hitam yang menutupi panggung diturunkan. Itulah pemandangan pertama ketika ribuan..
 
Rabu, 26/11/2014 22:32 WIB

Kim Soo Hyun Meraup Rp 900 Miliar Hanya di Tiongkok

Aktor terkenal Korea Selatan, Kim Soo Hyun dalam kurun waktu kurang dari satu tahun berhasil mengumpulkan ...
 
 

Incoming

Rabu, 05/11/2014 21:26 WIB

Incoming: Aljabar, Unjuk Gigi Unit Hip Hop Jazz Semarang

Kancah hiphop Semarang barangkali terbilang miskin rilisan, begitu pula jazz. Kehadiran Aljabar berada pada dua kanal yang..

Music Biz

Senin, 24/11/2014 19:58 WIB

CEO Mundur, Masa Depan Vevo Terancam

Vevo dikabarkan tengah bermasalah. Rencana mereka untuk menjual perusahaan dengan harga 1 miliar AS gagal walaupun Yahoo,..

Q & A

Selasa, 18/11/2014 18:12 WIB

Q&A: Tonstartssbandht

Album Smiley Smile dari The Beach Boys boleh saja disambut dengan kebingungan publik saat pertama kali dirilis pada September..