Senin, 04/06/2012 16:55 WIB

Rock Segera Bergema Lagi di Surabaya

'Rock On Surabaya' akan diselenggarakan pada 14 Juli mendatang di Taman Apsari, Surabaya.
Oleh: Mohammad Zaki
Share :   
image
Logo acara Rock On Surabaya (Sumber: Gannery Entertainment)
Jakarta - Sebagai kota yang diklaim sebagai ibukota rock di Tanah Air, Surabaya kini seperti telah kehilangan taringnya. Masa kejayaan di era enampuluh hingga delapanpuluhan, dimana dari Surabaya muncul musisi-musisi rock sekelas The Gembells, Dara Puspita, AKA, SAS, Duo Kribo : Ucok AKA dan Achmad Albar, Power Metal, hingga promotor musik rock kelas wahid, Log Zhelebour sekarang ini seperti terputus regenerasinya.

Boomerang, Dewa 19, dan Padi adalah beberapa nama beken yang terakhir melejit di dekade sembilan puluhan. Sementara di era 2000-an, Surabaya hanya mengirimkan Vox sebagai delegasinya untuk kembali memperpanjang nafas rock mereka di Indonesia. Secara garis besar, Surabaya tak lagi bertaji sebagai kota rock untuk saat ini.

Dari latar belakang itulah Gannery Eventainment akhirnya tergerak untuk membuat Rock On Surabaya, sebuah acara yang mengklaim dirinya sebagai gelaran musik paling ditunggu tahun ini. Acara ini nantinya akan dihelat pada 14 Juli mendatang di Taman Apsari, Basuki Rachmat, Surabaya.

Sebanyak 21 band berbagai genre yang semuanya berasal dari Surabaya telah siap menjadi pengisi acara Rock On Surabaya. Beberapa diantaranya adalah Let’s Go C’mon Baby (LGCB), Devadata, My Mother Is Hero, Zorv, Apple’s In The Wonderland, Heavy Monster, Blackstar, Porn Ikebana, serta Power Metal yang nantinya akan bertindak sebagai pengisi puncak acara.

“Sebenarnya sudah banyak konser-konser besar yang masuk Surabaya, tapi di sana band-band Surabaya langsung disandingkan dengan band-band lainnya di luar Surabaya, terutama Jakarta-Bandung. Jelas kami kalah karena banyak dari mereka sudah punya nama besar. Dengan acara ini kami harap Surabaya bisa kuat di dalam dulu,” ungkap Gannery Atmaja, otak di balik berdirinya Gannery Eventainment.

Menurut Gannery, Rock On Surabaya diharapkan tidak hanya sekedar memajukan scene musik di Surabaya, namun juga dapat mengedukasi, baik dari tiap-tiap band pengisi acaranya juga para penontonnnya.

“Ini mungkin sebuah acara. Tapi dari acara ini kami harap band-band Surabaya bisa belajar berbagai sistem seperti sistem flooring, promosi, dan lain sebagainya. Nggak ketinggalan juga mengedukasi penonton biar lebih menghargai band-band asal kotanya sendiri dengan membayar tiket sebelum masuk konser,” tambah Gannery.

Untuk mengoptimalkan tujuan edukasi itu, Gannery Eventainment telah menyiapkan sebuah tenda artis yang di dalamnya terdapat jamuan makanan berbentuk prasmanan yang diharapkan akan mengakrabkan seluruh musisi Surabaya berbagai genre, dari bintang baru hingga yang sudah senior agar dapat berbagi pengalaman di satu tenda artis.

“Intinya sih sharing. Budaya sharing itu yang belum ada di kota Surabaya, terlebih untuk para musisinya. Dengan adanya satu tenda artis dengan sistem prasmanan tadi diharapkan para musisi bisa saling berbagi pengalaman dan ilmu mereka,” jelasnya lagi.

Rock On Surabaya sendiri nantinya akan hadir dengan dua panggung sekaligus, yaitu panggung Suro dan panggung Boyo. Dari jam 11.00 sampai dengan 23.00 WIB, 21 band pengisi acara akan secara bergantian mengisi kedua panggung tersebut.

Untuk tiket box, pihak Rock On Surabaya menyediakannya di empat titik di kota Surabaya, yaitu di distro NoinBrand Jl. Bawean 37 Surabaya, distro Glamrock Jl. Wijaya Kusuma 17 Surabaya, distro Dastroyer Jl. Pakis Tirtosari 3/4A, dan studio musik Inferno Jl. Dharmahusada 178, Surabaya.

Sedangkan di luar Surabaya bisa memesan tiket dengan mengikuti akun twitter @RockOnSurabya dan memesannya via online. Tiket-tiket tersebut dapat dipesan denga harga pre-sale (dari tanggal 1 Juni hingga 13 Juli 2012) seharga Rp 30.000,- dan on the spot seharga Rp 40.000,-

(RS/RS)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_off
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Rabu, 01 April 2015 16:19 WIB

Maudy Ayunda Gandeng 12 Musisi di Album Baru

Maudy Ayunda Gandeng 12 Musisi di Album Baru
Album ke-2 Maudy Ayunda bisa dibilang cukup 'mahal'. Melihat dari ramainya musisi besar yang terlibat sebagai komposer..
 
Rabu, 01/04/2015 15:52 WIB

Bersama Vokalis Speedkill, Drummer The Brandals Bentuk Grup Baru

Jika di dalam The Brandals ia memainkan ketukan liar rock & roll, pemain drum Rully Annash kini akan ...
 
 

Incoming

Kamis, 05/03/2015 13:32 WIB

Incoming: Gerram, Amarah dari Selatan Sumatera

Darah sedang mengalir dua kali lebih cepat.
Untuk pertama kalinya sejak resmi dibentuk empat tahun silam, Gerram sedang..

Music Biz

Jumat, 27/03/2015 17:59 WIB

Bersaing dengan Spotify, Apple Akan Luncurkan Layanan Streaming Musik

Apple dan Beats akan terjun pula ke dalam kancah persaingan melawan Spotify dengan mengembangkan aplikasi layanan streaming..

Q & A

Selasa, 31/03/2015 18:43 WIB

Alan Bishop (Koes Barat): 'Koes Bersaudara/Koes Plus Memberikan Kita Karya Musik Paling Provokatif, Indah, Mengesankan'

Alan Bishop bukanlah penggiat musik kebanyakan. Bersama Sun City Girls yang dibentuk di Phoenix, AS, ia telah merilis lima puluh..