Jumat, 20/04/2012 18:46 WIB

/rif Usai Rekam Album ke-8 yang Memuat 18 Lagu untuk Ultah ke-18

Sibuk pula menyiapkan konser perayaan ulang tahun yang bakal menutup Jalan Braga, Bandung.
Oleh: Reno Nismara
Share :   
image
/rif (Foto: Dok. /rif)
Jakarta - Grup rock asal Bandung yang didirikan delapan belas tahun silam, /rif, telah menyelesaikan proses rekaman album kedelapan mereka, tindak lanjut untuk album 7 yang dirilis tahun 2010, pada Kamis (19/4) malam lalu. Demikian menurut Joshua Setyawan selaku manajer vokalis Andy, gitaris Ovy dan Jikun, serta drummer Maggi.

“Terhitung tadi malam, proses rekaman sudah selesai, tinggal mixing dan mastering saja,” ujar Joshua ketika dikontak Rolling Stone pada Jumat (20/4) pagi tadi. Ia juga menginformasikan bahwa /rif merekam delapan belas lagu yang akan menjadi konten album baru dengan metode live recording.

Ia menceritakan, “Kami memang sudah ada rencana mencampur metode rekaman album baru antara tracking dengan live recording, tapi pihak Sony (label rekaman /rif) menantang kami, ‘Berani nggak live recording semua?’ Lalu kami pikir itu bakal seru. Dan ketika dijalankan memang kenyatannya begitu. Jadi teringat dekade ’90-an.”

Jumlah delapan belas lagu sendiri ditentukan untuk menyesuaikan umur /rif yang pada bulan Mei 2012 nanti akan mencapai 18 tahun. Karena tanggal ulang tahun itu pula, pihak /rif menunjuk bulan Mei sebagai waktu yang ideal untuk merilis album yang belum memiliki tajuk ini.

“Idealnya, album ini dirilis satu bulan lagi sebagai kado ulang tahun /rif. Selanjutnya tergantung kepada pihak label rekaman, tapi semoga proses produksinya cepat. Agendanya sih kami memang ingin merilis album baru tahun ini,” terang Joshua.

Mengenai perbedaan album kedelapan jika dibanding album-album /rif sebelumnya, Joshua menjawab bahwa album ini akan terdiri dari tiga pengelompokan lagu, yaitu beberapa lagu baru yang hingga berita ini diturunkan belum diberi judul, belasan lagu lama yang diaransemen ulang, dan juga dua lagu lawas yang direkam ulang.

Walaupun lagu baru tidak seluas area lainnya, Joshua menekankan bahwa pihak /rif tidak menganggap album ini sebagai album greatest hits. Ia mengatakan, “Sejauh ini kami lebih mengedepankan tema 18 tahun /rif untuk album kedelapan. Meskipun seperti kumpulan lagu terbaik, kami tidak berpikir bahwa ini adalah album greatest hits. Toh ada sepasang cover version dan lagu-lagu baru. Namun sah-sah saja jika pada akhirnya orang-orang menyebut album ini sebagai album greatest hits.”

Joshua lalu menjabarkan bahwa setiap album studio yang pernah dirilis /rif sebelumnya akan mendapat perwakilan pada belasan lagu lama yang diaransemen ulang. Setiap album menyumbangkan setidaknya satu lagu pada album yang diproduseri oleh pihak /rif sendiri.

Untuk dua lagu orang yang direkam ulang adalah milik Anggun C. Sasmi dan Ikang Fawzi, yang menampilkan Judika selaku satu-satunya bintang tamu pada album ini. Sebenarnya, /rif menginginkan lebih banyak lagi lagu rock legendaris dalam negeri untuk dibawakan ulang, namun sayang perizinan yang sulit membuat keinginan mereka tak terlaksana.

Selain album baru, /rif juga telah menyiapkan konser tunggal yang digelar untuk merayakan ulang tahun mereka yang ke-18. Diadakan pada 12 Mei 2012 mendatang, pihak /rif akan khusus menutup jalan utama Braga demi dibuatkan tenda besar yang tertutup serupa sirkus.

Proses penutupan jalan tersebut diakui merepotkan oleh Joshua. Ia berujar: “Jalan perlu ditutup beberapa hari, karena kami perlu persiapan. Tidak mudah menyulap jalanan menjadi tempat konser. Apalagi kami akan membagi tiket konser menjadi dua atau tiga kelas.”

Ia lantas berjanji bahwa tiket konser yang rencananya akan menampilkan Achmad Albar, Ian Antono, Iwa K, Risa Saraswati, dan bahkan seorang mantan personel /rif yang masih dirahasiakan ini tidak akan dijual dengan harga lebih dari Rp 100 ribu.

(RS/RS)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Senin, 28 Juli 2014 14:35 WIB

Trik Pongki Barata untuk Memperbaiki Musik Indonesia

Trik Pongki Barata untuk Memperbaiki Musik Indonesia
Idul Fitri bukan cuma soal kembali suci tapi juga memperbaiki 'kerusakan' di tahun sebelumnya. Termasuk di antaranya..
 
Jumat, 25/07/2014 22:08 WIB

Gitar Hingga Sedan Milik Elvis Presley Akan Dilelang

Sebuah gitar Martin D-28, sedan Cadillac Seville 1976 serta naskah pribadi film pertama Elvis Presley, Love .....
 
 

Incoming

Rabu, 16/07/2014 19:30 WIB

Incoming: RABU: Duo Folk Mistik Pengantar Nuansa Bergidik

Orang-orang menyebut musik mereka mistis dan misterius. Ditambah dengan menggunakan foto taburan kembang ziarah sebagai sampul..

Music Biz

Rabu, 18/06/2014 19:59 WIB

YouTube Akan Hapus Video-video Musik Label Independen?

Situs berbagi video, YouTube dikabarkan akan menghapus video-video musisi yang berasal dari label independen menyusul sengketa..

Q & A

Senin, 21/07/2014 18:10 WIB

Exclusive Q&A: Anton Newcombe (The Brian Jonestown Massacre)

“Keep music evil,” itulah semboyan yang lantang diserukan oleh Anton Newcombe selaku aktor intelektual grup..