5 Musisi Indonesia dan Gitar yang Identik Dengannya

Para gitaris ini selalu dikaitkan dengan gitarnya

Oleh
Piyu diapit oleh dua gitar kesayangannya.

Seorang gitaris diingat terutama karena permainannya dan karakter suara yang dihasilkan. Permainan gitar khas dan sesuai kebutuhan yang seringkali dijadikan tumpuan lagu membuat gitaris hampir selalu menjadi pusat perhatian. Namun untuk mencapai keunikan, pemilihan tipe gitar sangatlah menentukan.

Gitar memang banyak macamnya. Seorang gitaris yang hebat akan memilih gitar sesuai kebutuhan dan keampuannya. Dengan gitar tertentu, sang jagoan akan terlihat lebih menonjol. Tak heran ketika seorang gitaris jatuh cinta terhadap karakter suara tertentu, ia akan mempertahankannya.

Di bawah ini merupakan beberapa gitaris Indonesia yang dikenal akrab dengan gitar pilihannya:

Iga Massardi dan Fender Telecaster

Iga Massardi

Selain batik yang mencolok, Iga juga sering terlihat memakai gitar Fender Telecaster berwarna emas di atas panggung. Gitar ini sudah dimilikinya sejak tahun 2011. Lewat blog-nya, ia menyebut gitarnya sebagai "gitar tanpa basa basi". Gitar lain yang juga sering dimainkannya adalah Widjoyono Guitar Taifun yang dibentuk menyerupai Fender Jazzmaster. Gitar ini merupakan handmade asli Indonesia.

Eross Candra dan Squier Telecaster

Eross Candra

Satu lagi penggemar Fender yang terkenal adalah Eross Candra. Gitaris pencetak banyak hits ini dikenal dengan banyak variasi Fender yang selalu dibawa. Malah saking akrabnya, ia diberi kesempatan untuk merancang gitar versinya sendiri yang dinamai Squier Telecaster Eross Candra Signature. Selain gitar tersebut, ia juga mengoleksi berbagai seri Telecaster, Stratocaster, Les Paul, SG, dan lainnya.

Piyu dan Gibson Les Paul

Piyu

Bagi penggemar Padi, raungan gitar Piyu yang berkarakter adalah nilai tambah yang selalu dinantikan. Ia sendiri merupakan penggemar Gibson. Tentu saja yang paling identik adalah Gibson Les Paul Custom Kamikaze. Gitar ini merupakan seri signature yang disetujui langsung oleh Gibson Amerika Serikat. Ia juga mengoleksi banyak seri Les Paul lainnya seperti Rosso Corsa sampai Studio.

Fajar Endra Taruna dan Epiphone Riviera

Jarwo

Untuk karakter suara yang vintage, Jarwo dari Naif adalah rajanya. Permainannya dapat membuat rock & roll terdengar sangat pop. Ia sejak lama memakai Epiphone Riviera dengan warna cherry red.

Stevi Item dan Jackson KV2 King V

Stevi Item

Sebagai gitaris metal, Stevi Item tentu butuh gitar dengan karakter suara dan penampilan yang sama garangnya. Salah satu yang menjadi andalannya adalah Jackson KV2 King V. Ia juga tipe gitaris yang memakai gitar sesuai kebutuhan. Ketika bermain bersama Andra and the Backbone, ia memilih gitar Ibanez RG Premium.

Bagi kalian yang menyukai gitar dan bisa mengekspresikan diri lewat visual, sekarang adalah saatnya untuk mengikuti proyek Build Your Fantasy Guitar bersama Go Ahead. Di sini kalian ditantang untuk mendesain sebuah gitar Telecaster menggunakan ilustrasi visual sesuai karakter kalian. Caranya dengan mengirimkan gambar sebelum 30 November. Untuk info yang lebih lanjut lagi bisa mengakses situs ini.



Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Live Review: Mocca x Payung Teduh
  3. Perpaduan Gairah Musik dan Skateboard di Volcom: Road to Cakrawala
  4. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  5. Superman is Dead Tolak Permintaan Presiden Jokowi untuk Memakai Lagu Mereka

Editor's Pick

Add a Comment