Gitaris Navicula dan Dialog Dini Hari Rilis Album Solo Perdana

Dadang Pranoto menggunakan identitas Pohon Tua untuk proyek musiknya ini

Oleh
Dadang Pranoto alias Pohon Tua. Rio Wisesa

Gitaris Navicula dan Dialog Dini Hari, Dadang Pranoto, telah merilis album solo perdananya yang diberi tajuk Kubu Carik. Ia menggunakan identitas Pohon Tua untuk proyek musiknya ini. Kubu Carik memuat delapan lagu folk, dirilis oleh label rekaman independen Rain Dogs Records, dan sudah dapat didengar secara utuh lewat beberapa layanan musik digital.

Materi dalam Kubu Carik merupakan perjalanan musik Dadang bersama penulis Eko Prabowo. "Awalnya Eko membuat buku prosa tentang Pohon Tua. Saya iseng merespons dengan satu sketsa lagu. Ternyata responsnya menarik dan jadi keterusan. Akhirnya dari satu sketsa itu berkembanglah menjadi delapan materi di Kubu Carik ini," ungkap Dadang seperti dikutip dari siaran persnya.

Ia menambahkan, "Tidak ada alasan khusus kenapa album solo ini dibuat. Titik berat Kubu Carik lebih kepada kolaborasi saya dengan Eko Prabowo. Lagu-lagunya harus menemukan jalannya sendiri kepada pendengar. Itu yang ingin dicapai oleh album ini."

Pada awal Agustus lalu, kerabat Dadang di Dialog Dini Hari, bassist Michael Brozio Orah, telah lebih dulu merilis album solo perdana yang bertajuk See the Sun. Zio dan drummer Dialog Dini Hari, Denny Surya, turut terlibat dalam penggarapan Kubu Carik.

"Mereka malah menjadi co-producer untuk album ini," kata Dadang. "Ada hubungan juga dengan periode dua bulan lalu ketika Zio merilis album solonya. Itu jadi semacam pemicu untuk diselesaikannya proyek ini. Saya merilis Kubu Carik saat ini bersama Rain Dogs Records sekaligus supaya bisa konsentrasi ke proyek selanjutnya. Setelah ini, kami akan fokus menggarap materi baru Dialog Dini Hari." (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Live Review: Mocca x Payung Teduh
  3. Perpaduan Gairah Musik dan Skateboard di Volcom: Road to Cakrawala
  4. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  5. Superman is Dead Tolak Permintaan Presiden Jokowi untuk Memakai Lagu Mereka

Add a Comment