6 Musisi Yang Juga Ilustrator

Para artis multitalenta yang menguasai musik dan juga ilustrasi

Oleh
Instagram Saleh Husein

Banyak musisi yang tak hanya mengenal alat musik sebagai ekspresi diri, tapi juga kanvas. Para anak band ini kemudian dikenal juga sebagai ilustrator. Mereka turut membantu mewarnai visual untuk band sendiri dan juga berkarya di luar kegiatan bersama band.

Beberapa dari mereka aktif sebagai seniman, beberapa lainnya mengerjakan merchandise musik. Masing-masing dengan kekhasan gaya sendiri. Coretan mereka kuat dan berkarakter. Mereka melakukannya sembari tetap berkarya di bidang musik.

Para artis multitalenta ini adalah sosok yang menginspirasi di setiap karya yang dibuatnya. Mari menyelami karya-karya yang mereka buat ketika tak sedang melantunkan suara. Inilah para musisi yang juga ilustrator:

Aprilia Apsari (White Shoes and the Couples Company)

Facebook Aprilia Apsari

Aprilia Apsari atau dikenal sebagai Nona Sari atau Sari Sartje adalah vokalis dari White Shoes & the Couples Company. Ia adalah alumnus Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta. Di kampus inilah ia bertemu dengan rekan-rekannya dan membentuk band pop yang kemudian juga berjaya di luar kampus.

Sebagai artis, Ia aktif berkarya dalam berbagai medium, seperti drawing, mural, dan instalasi. Di tengah jadwal band yang padat, ia dapat menyempatkan menggelar pameran. Semisal di tahun 2008 yang berjudul "Rayuan Pulau Kelapa".

Jimi Multhazam (The Upstairs)

Facebook Jimi Multhazam

Seperti Sari, Jimi juga merupakan lulusan Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta. Di kampus ini pula ia mendirikan band new wave bernama The Upstairs. Kini Jimi tak hanya aktif di band tersebut, tapi juga sebagai vokalis di Morfem dan sebagai drummer di Bequiet!.

Di luar karier bermusiknya, Jimi tak meninggalkan ilmu yang didapatnya di kampus. Malah ia tergolong aktif berpameran. Terakhir kali ia lakukan bersama Henry Foundation yaitu "Jimi vs Henry" edisi keenam pada tahun 2015.

Saleh Husein (The Adams)

Instagram Saleh Husein

Gitaris The Adams dan juga White Shoes & the Couples Company ini juga merupakan perupa yang keren. Baru-baru ini ia mengikuti pameran Power and The Other Things di Belgia. Ia merupakan satu dari dua puluh satu seniman Indonesia yang diajak untuk menampilkan karyanya disana.

Saleh Husein atau Ale juga terlibat dalan program Build Your Fantasy Guitar bersama Go Ahead. Ia mengajak siapa saja yang bisa mengerjakan ilustrasi atau foto untuk mengirimkan desain yang nantinya pemenangnya akan dihadiahi gitar bertempel stiker desain mereka sendiri. Pemenangnya juga mendapatkan tanda tangan dari Ale dan diajak untuk menonton Artwarding Night yang digelar pada bulan Desember. Caranya hanya dengan mengirimkan gambar sebelum 30 November ke situs ini.

Morrg (Rajasinga)

Dennis Tumiwa

Dari kancah metal, Morrg. Bassis band Rajasinga yang telah menggambar untuk banyak band. Lulusan jurnalistik UNIKOM ini disukai karena karyanya yang gagah dan mistis.

Ia telah mengerjakan artwork untuk Seringai, Komunal, Dead Vertical sampai The SIGIT. Karya-karyanya dijadikan poster, merchandise kaos sampai cover album.

Arian13 (Seringai)

Reno Nismara

Sebagai seorang vokalis band, Arian menjadikan visual sebagai tumpuan yang tak kalah penting bagi bandnya. Mulai dari pembuatan logo sampai merchandise diurusi olehnya. Semua dilandasi kesadaran bahwa band harus didukung karya visual yang menarik bagi orang banyak.

Rachmad Sumantri (Tarrkam)

Instagram Rachmad Sumantri

Di antara seniman lainnya mungkin nama Rachmat Sumantri atau Ape belum begitu terkenal. Namun karya-karyanya memberikan corak tersendiri. Dua album yang telah dihasilkan bandnya, Tarrkam dibumbuhi ilustrasi buatannya. Permainan kolase yang asal namun nyentrik persis seperti musiknya. Meski belum banyak karya, ia adalah seniman yang patut dinantikan eksistensinya.



Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Live Review: Mocca x Payung Teduh
  3. Perpaduan Gairah Musik dan Skateboard di Volcom: Road to Cakrawala
  4. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  5. Superman is Dead Tolak Permintaan Presiden Jokowi untuk Memakai Lagu Mereka

Editor's Pick

Add a Comment