'Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak' Tayang Mulai 16 November

Telah keliling dunia diputar di berbagai festival, termasuk festival film bergengsi Cannes

Oleh
Salah satu adegan dalam film 'Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak'. Dok. Cinesurya

Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak arahan Mouly Surya telah dipastikan mendapat tanggal tayang di Indonesia. Setelah melanglangbuana di berbagai festival, film ini akan tayang di Indonesia mulai 16 November.

Sebelumnya, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak ditayangkan perdana secara global di program Directors' Fortnight dalam festival film bergengsi Cannes 2017. Film yang dibintangi Marsha Timothy ini kemudian diputar pula di program Contemporary World Cinema pada festival film Toronto 2017. Di sela waktu tersebut, film ini juga masuk ke festival film internasional Selandia Baru dan festival film Melbourne.

Menuju pemutaran di Indonesia, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak bakal melakukan penayangan perdana di Asia lewat festival film Busan 2017 yang digelar pertengahan Oktober. Festival lain yang rencananya juga akan disambangi adalah festival film internasional Vancouver dan festival film fantastis internasional Sitges.

Film yang memiliki judul internasional Marlina the Murderer in Four Acts ini berkisah tentang Marlina, seorang janda muda yang diserang dan dirampok ternaknya. Atas nama pembelaan diri, ia membunuh beberapa orang dari kawanan perampok tersebut. Mencari keadilan, ia melakukan perjalanan untuk menebusnya. Namun perjalanan panjang dan korban-korbannya yang tanpa kepala mulai menghantui diri.

Patut dicatat bahwa film ini mendapat banyak ulasan positif dari media asing. Variety menulis, "(Marsha) Timothy membawa film ini secara luar biasa, melalui performa mencengkeram yang mencapai katarsis tanpa ekspresi berlebihan." Sementara itu, Hollywood Reporter mengatakan: "Film genre yang menyenangkan sekaligus kisah arthouse yang feminist." Screen Daily memuji, "Film ketiga Mouly Surya adalah sebuah proyek lintas budaya yang memberi nama baik bagi sinema dunia."

Selain Marsha Timothy, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak juga dibintangi oleh Dea Panendra, Egi Fedly, dan Yoga Pratama. Naskah digarap oleh Mouly Surya dan Rama Adi berdasarkan ide cerita dari Garin Nugroho. (rn)

Editor's Pick

Add a Comment