JogjaRockarta Akhirnya Kembali Dipindah ke Stadion Kridosono

Karena “kendala teknis” Dream Theater dan penampil lainnya tidak jadi bermain di Candi Prambanan

Oleh
Dream Theater. Facebook/Dream Theater

Melalui permohonan maaf yang disebar melalui media sosialnya pada Rabu (27/9), Rajawali Indonesia selaku penanggung jawab JogjaRockarta mengumumkan perpindahan venue acara tersebut dari Candi Prambanan ke Stadion Kridosono.

Selain itu, acara akan tetap berlangsung seperti direncanakan pada Jumat (29/9) ini dan Sabtu (30/9) besok. Dream Theater, God Bless, Power Metal, Roxx, Pas Band, Burgerkill, Death Vomit, Something Wrong, dan Kelompok Penerbang Roket akan tetap meramaikan festival rock internasional tersebut.

"Kami dari Rajawali Indonesia Communications sealaku Promotor JogjaROCKarta menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada penonton JogjaROCKarta, Sponsorship, Partnership, dan semua pihak terkait sehubungan dengan perpidahan venue pelaksanaan JocjaROCKarta dari Candi Prambanan ke Stadion Kridosono Kotabaru Yogyakarta, dengan alasan pertimbangan dan kendala teknis di lapangan," kata CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alam dalam surat permohonan maaf tersebut.


Sebelumnya, Anas memang telah mempersiapkan Stadion Kridosono sebagai venue cadangan jika Ditjen Kebudayaan tidak mengizinkan penyelenggaraan di Candi Prambanan.

"Rencana perpindahan venue dari Stadion Kridosono ke Prambanan," kata Anas saat jumpa pers di Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan, akhir bulan lalu. "Hanya saja, sayang sekali, sampai detik ini dari (Ditjen Kebudayaan) masih melakukan kajian terhadap boleh tidaknya festival musik rock di Prambanan." Menurutnya, Candi Prambanan lebih representatif sebagai warisan budaya Indonesia untuk ditunjukkan ke publik luar.

Terkait dengan hal ini, Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) mengeluarkan surat pernyataan sikap. Surat yang ditandatangin oleh ketua umum, W Djuwita S. Ramelan pada Senin (26/9) ini berisi protes atas penyelenggaraan JogjaRockarta di halaman kedua Kompleks Candi Prambanan. Hal yang dijadikan pertimbangan adalah Candi Prambanan memiliki nilai sakral bagi umat Hindu, tempat yang akan dijadikan venue termasuk wilayah suci, dan hasil kajian menunjukkan bahwa tingkat kebisingan serta tingkat getaran dapat memberi efek merusak pada struktur ikatan batu-batu candi.

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Live Review: Mocca x Payung Teduh
  3. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  4. Perpaduan Gairah Musik dan Skateboard di Volcom: Road to Cakrawala
  5. Superman is Dead Tolak Permintaan Presiden Jokowi untuk Memakai Lagu Mereka

Add a Comment