Mocca Berbagi Panggung Bersama EXO dan Taeyeon di Asia Song Festival 2017

Catatan perjalanan Mocca di Korea Selatan

Oleh
Mocca Ivan Makhsara

Grup indie pop Mocca baru saja menyelesaikan lawatan ke Korea Selatan. Selama di negeri ginseng tersebut, mereka bermain dua kali di Asia Song Festival 2017. Pertama di konser mini LIVE FESTA Fall in Music pada 23 September lalu di konser utama pada 24 September.

Lawatan Mocca ke Korea Selatan kali ini merupakan kelima kalinya sepanjang perjalanan karier mereka. Sejak direkrut oleh label Beatball Music pada 2005, Mocca memang kerap menyambangi negara tersebut untuk bermain di hadapan publik. Pertama kali di Grand Mint Festival yang diadakan di Olympic Park, Seoul, pada 2008. Lalu konser tunggal di Mapo Art Centre pada 21 Juni 2009. Dilanjutkan penampilan di Pentaport Rock Festival, Incheon, di tahun 2012. Kemudian di MU:CON Festival yang diadakan di Sangsang Madang Live Hall, Seoul, pada 2013.

Perjalanan kali ini bisa dibilang spesial karena untuk pertama kalinya sejak empat tahun mereka kembali ke Korea Selatan. Dengan jadwal yang padat di negeri sendiri baru tahun ini mereka menemukan jadwal yang pas untuk bertandang ke negara produsen K-Pop tersebut.

Sebenarnya selain bermain di Asia Song Festival 2017 yang dilangsungkan di kota Busan, Mocca juga direncanakan mengadakan konser tunggal di Seoul pada 21 September. Sayangnya pertunjukan ini terpaksa dibatalkan. Jadilah Arina, Toma, Indra, dan Rico hanya berjalan-jalan selama waktu yang tersedia.

Mocca baru bertolak ke Busan pada 22 September. Berbeda dengan Seoul, Busan merupakan kota pelabuhan yang besar. Selain itu, baru kali ini rombongan Mocca bermain di kota ini. Malahan dua acara yang akan disambangi cukup berbeda dengan yang biasanya karena mereka berdampingan dengan girlband dan boyband.

Berbagi Panggung Bersama Bintang Korea Selatan

LIVE FESTA Fall in Music bertempat di Sajik Arena. Di konser mini pemanasan ini, Mocca menjadi salah satu aksi utama bersama boyband NU"EST W dan rapper BewhY. Selain itu ada juga Vanilla Accoustic, girlband P.O.P., duo Joypark, Eddy Kim, dan San E; semuanya dari Korea Selatan. Artis lain yang juga datang dari luar Korea Selatan adalah Erik (Vietnam).

Dalam konser yang ditayangkan langsung oleh aplikasi milik Naver V Live tersebut, Mocca membawakan tiga lagu yaitu "I Remember", "Happy", dan "Swing It Bob". Meski berwarna musik yang berbeda dari pengisi acara lainnya, Mocca disambut terbuka. Ketika naik panggung, Arina dan kawan-kawan diberikan tepuk tangan dan lagunya turut dinyanyikan. Publik Korea Selatan tampaknya sudah familier dengan lagu-lagu milik Mocca.

Dengan panggung yang menampilkan visual romantis, Arina Epiphania sang vokalis pun bergaya manis. Vokal yang prima didukung dengan band yang bermain rapi menunjukkan profesionalisme band yang tahun ini akan berumur 18 tahun tersebut. Di sela penampilan, Arina menyambut penonton dengan bahasa Korea Selatan yang membuat seisi stadion bersorak.

Di hari kedua, konser utama dilangsungkan di Busan Asiad Main Stadium, salah satu stadion yang dipakai untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2002. Jika hari pertama berlangsung di arena dengan kapasitas 15 ribu penonton, kali ini kapasitasnya berkisar 50 ribu bangku. Uniknya, dengan ukuran arena yang besar Asia Song Festival 2017 hanya menyediakan sedikit area untuk penonton yang berdiri. Itu pun hanya di area pit dan diisi tak lebih dari seratus orang. Sisanya diberikan tempat duduk, bahkan di area lapangan.

Penonton yang hadir juga bisa dibilang berbeda dari hari sebelumnya, bahkan dari konser Mocca yang biasanya. Kebanyakan penonton remaja yang antusias. Kabarnya tiket konser ini terjual hanya dalam 10 menit.

Nama-nama yang tampil di Asia Song Festival 2017 cukup beragam. Selain Mocca, ada Shae sebagai perwakilan Indonesia lainnya. Dari Asia Tenggara ada MICapella (Singapura), Dong Nhi (Vietnam), dan Morissette Amon (Filipina). Musisi lain dari luar Korea Selatan adalah Mika Nakashima (Jepang). Sisanya adalah The Eastlight, Dynamic Duo, Taeyeon (SNSD), MAMAMOO, dan EXO sebagai puncak acara.

Acara tahunan yang kerap mengundang berbagai penghibur dari belahan Asia ini sebelumnya pernah mengundang artis Indonesia. Peterpan, Agnes Monica (dua kali), dan Afgan tampil di tahun-tahun yang lalu.

Acara yang disiarkan oleh kanal televisi anak muda Mnet ini sejatinya adalah acara musik untuk televisi. Setiap artis hanya diberikan jatah dua sampai tiga lagu. Hanya EXO yang bermain lebih, yaitu empat lagu. Mocca sendiri dijadwalkan membawa dua lagu, "I Remember" dan "Happy".

Dimulai dari tepat jam 7 malam, Mocca tampil jam 7.45. Di ruang tunggu telah ditempel jadwal bermain mereka yang membawakan dua lagu. Pengelola acara kelewat detil bahkan sampai memperkirakan menit dan detik Mocca di atas panggung.

Meski naik panggung di malam hari, Mocca sudah berada di area konser sejak pukul 10 pagi. Sebagai satu-satunya pengisi acara yang secara teknis memainkan alat band, Mocca diwajibkan untuk soundcheck di awal. Selanjutnya ada camera rehearsal bagi Mocca memainkan lagi dua lagu yang dipersiapkan.

Ketika naik panggung, Mocca memberikan yang terbaik. Di hadapan penonton yang sepertinya masih belum terlalu mengenal mereka, tetap saja penampilan mereka disambut tepuk tangan. Membawakan lagu "I Remember" yang diselingi ucapan terima kasih dan sedikit salam dalam bahasa Korea Selatan, Mocca lalu menutup penampilan dengan lagu "Happy".

Di akhir acara, kesemua artis naik panggung untuk memberikan salam. Kira-kira seperti yang dilakukan pemain bola di akhir pertandingan kepada penggemarnya. Lucunya, ketika memanggil Mocca, Leeteuk (Super Junior) yang menjadi MC terlihat bersemangat dan mengucapkan "Assalamualaikum". Sebelumnya ia juga mengatakan, "Terima kasih". Tampaknya bukan hanya penonton, tapi ia pun ingin memberikan kenangan yang menyenangkan bagi Mocca.

Dua hari berturut-turut yang melelahkan seperti sebanding dengan sambutan yang dihasilkan. Di berbagai media sosial, banyak orang memberikan pujian bagi Mocca. Tak hanya datang dari penggemar dalam negeri, penggemar K Pop yang menonton di hari itu juga terkesima melihat band yang selama ini lagunya telah akrab di telinga mereka. Mocca sekali lagi menorehkan senyum di muka orang-orang yang menonton mereka. Apalagi yang bisa lebih membahagiakan daripada pekerjaan membuat orang senang?

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Sonic Fair 2017 Resmi Pindah ke Lokasi yang Lebih Luas
  2. Menyemai Inspirasi di Archipelago Festival 2017
  3. 'Pengabdi Setan' Versi Baru Menjadi Film Horor Indonesia Terlaris
  4. Free Download: Future Collective - "Molposnovis (feat. Anindita Saryuf)"
  5. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa

Add a Comment