15 Aksi Musik Wajib Tonton di Synchronize Fest 2017

Seratus satu artis dari berbagai generasi, daerah, dan jenis musik yang akan tampil pada 6 hingga 8 Oktober mendatang di Gambir Expo, PRJ Kemayoran, Jakarta.

Oleh
Suasana Synchronize Fest 2016.

Festival musik multi-genre dan lintas generasi Synchronize Fest kembali hadir. Setelah memperkenalkan diri tahun lalu, festival garapan Dyandra Promosindo dan Demajors ini bakal diselenggarakan pada 6-8 Oktober di Gambir Expo, PRJ Kemayoran, Jakarta. Mempromosikan musik Indonesia sebagai andalan pengisi acara adalah tujuan utama yang terus dipertahankan. Tahun ini, Synchronize Fest menjanjikan aksi musik seru yang bukan hanya variatif tapi juga berkualitas. Total sembilan puluh lima artis akan berada di lima panggung. Tentunya seperti banyak festival lainnya, menyusun waktu dan prioritas adalah hal yang sangat penting. Untuk memaksimalkan pengalaman berfestival, Rolling Stone Indonesia memberikan daftar 15 artis yang layak dipertimbangkan untuk ditonton di Synchronize Fest 2017.

Underground Bizniz Club/Hellhouse/Grimloc/Onar

Gerombolan hip hop dari tiga kota akan hadir secara berturutan di hari kedua (Sabtu, 7 Oktober 2017). Underground Bizniz Club (Jakarta), Hellhouse (Yogyakarta), Grimloc yang diwakili oleh Eyefeelsix (Bandung), dan Onar (Jakarta) mengambil alih Gigs Stage mulai pukul 18.45. Pesta hip hop dengan berbagai macam gaya tak dapat dielakkan. Sementara itu di District Stage, pada waktu yang tak jauh berbeda, Jogja Hip Hop Foundation juga bakal meramaikan festival.

Tohpati Bertiga

Trio maut yang beranggotakan Tohpati (gitar), Aditya Wibowo atau Bowie (drum), dan Indro Hardjodikoro ini siap membuat Anda menggila sejak hari pertama. Grup musik instrumental progresif dengan cakupan rock, blues, jazz, pop, funk, hingga groove ini sudah mengeluarkan dua album edan. Memabukkan sekaligus mengedukasi. Wajib tonton.

Tohpati Bertiga tampil di hari pertama, Jumat 6 Oktober 2017, pada jam 19.45 di District Stage.

Teenage Death Star

Unit rock ugal-ugalan yang diisi para veteran scene ini dijamin menyajikan kerusuhan. Tahun lalu mereka sanggup memporakporandakan Gigs Stage dengan keliaran lagu dan performa. Setahun setelah kembali bersama, Teenage Death Star akan hadir lagi di Synchronize Fest 2017. Cukup memainkan materi lama saja sudah membuat aksi musik yang satu ini sayang dilewatkan.

Teenage Death Star akan tampil di hari ketiga, Minggu 8 Oktober 2017, jam 18.30 di Gigs Stage.

Shadow Puppets Meet Bob Tutupoly

Kuartet muda jazz ini berusaha mengenalkan lagi lagu-lagu Indonesia lawas. Album ketiga Indonesian Songbook di mana mereka berduet dengan Harvey Malaihollo menunjukkan kalau kualitas lagu-lagu Indonesia dari berbagai era tak lekang oleh waktu. Di Synchronize Fest 2017 mereka akan tampil bersama Bob Tutupoly. Legenda musik Indonesia bersuara emas tersebut tentunya akan membuat set Shadow Puppets lebih istimewa.

Shadow Puppets Meet Bob Tutupoly tampil di hari pertama, Jumat 6 Oktober 2017, jam 21.30 di Forest Stage.

Tuslah Bersama Benny Mustafa

Legenda drum jazz Indonesia bertemu dengan musisi-musisi jazz berbakat saat ini. Tuslah diperkuat oleh Elfa Zulham, Sri Hanuraga, dan Adra Karim. Di Synchronize Festival 2017, mereka akan memainkan album legendaris Djanger Bali secara utuh. Album yang aslinya direkam Benny Mustafa bersama Tony Scott, Yopi Chen, Jack Lesmana, Bubi Chen, dan Marjono ini awalnya dirilis di tahun 1967 dan beberapa tahun lalu dirilis ulang oleh Demajors.

Tuslah Bersama Benny Mustafa akan tampil di hari ketiga, Minggu 8 Oktober di Forest Stage.

Steven and Coconutreez

Grup musik reggae yang sempat merajai konser kembali lagi. Setelah terpisah sekian lama, Steven and Coconutreez akan meramaikan Synchronize Fest 2017. Reuni khusus ini menjadi salah satu highlight festival. Dengan hits yang disukai para penggemar reggae Indonesia, kehadiran mereka memberikan warna tersendiri.

Steven and Coconutreez akan tampil di hari kedua, Sabtu 8 Oktober 2017, pada jam 23.30 di Lake Stage.

Slank

Slank akan memberikan penampilan spesial di Synchronize Fest 2017. Band rock besar ini bersiap membawakan materi dari tujuh album pertama alias lagu-lagu yang dianggap sebagai masa kejayaan mereka. Tentu menyenangkan bisa melihat Slank membawakan lagu-lagu yang mendefinisikan mereka dan jarang dibawakan di panggung-panggung terkini.

Slank akan tampil di hari ketiga, Minggu 8 Oktober 2017, pada jam 23.00 di Dynamic Stage.

Straight Answer

Setelah tahun lalu diguncang berita mengejutkan, Straight Answer kembali menghantam jalanan. Vokalis Aca kini sudah bisa kembali tampil bersama teman-temannya. Di sebuah festival yang mengandalkan berbagai jenis musik, perwakilan hardcore jelas penting. Dengan eksistensi 20 tahun lebih, Straight Answer adalah representasi yang tepat.

Straight Answer akan tampil di hari ketiga, Minggu 8 Oktober 2017, pada jam 21.30 di Gigs Stage.

Oomleo Berkaraoke

Pemuncak hari pertama Synchronize Fest 2017 ada dalam wujud karaoke hancur bersama Oomleo bagi yang ingin meninggalkan kewarasan sejenak. Tidak dibutuhkan kemampuan menyanyi yang mumpuni, hanya kemauan untuk bernyanyi tanpa urat malu. Pilihan lagu Oomleo yang tidak tertebak juga menjadi andalan dari set ini.

Oomleo Berkaraoke akan tampil di hari pertama, Jumat 7 Oktober 2017, pada jam 23.45 di Gigs Stage.

Navicula

Satu dari sedikit band dari luar Pulau Jawa yang tampil di Synchronize Fest 2017. Navicula memang beberapa waktu ini belum mengeluarkan materi baru, namun penampilan mereka yang selalu energetik selalu pantas ditunggu. Terlebih lagi, kesibukan para personelnya dengan proyek di luar band ini membuat penampilan mereka termasuk jarang. Kedatangan ke Jakarta patut disambut dengan tangan terbuka.

Navicula akan tampil di hari pertama, Jumat 6 Oktober 2017, pada jam 19.45 di Dynamic Stage.

Melancholic Bitch

Kesempatan menonton Melancholic Bitch tidak bisa selalu datang. Band rock alternatif asal Yogyakarta ini sempat hiatus lalu secara mendadak mengumumkan kembali dengan lagu dan konser pada tahun ini. Vokalis Ugoran Prasad yang selalu jauh dari kota asal tampaknya memperpanjang kunjungannya ke Indonesia dengan kehadiran di Synchronize Fest 2017. Mari mulai menghafal lagi lagu-lagu dari album fenomenal Balada Joni dan Susi.

Melancholic Bitch akan tampil di hari kedua, Sabtu 7Oktober 2017, pada jam 20.15 di Forest Stage.

Ebiet G. Ade

Synchronize Fest melanjutkan tren mengundang musisi legenda kepada khalayak muda. Setelah tahun lalu Rhoma Irama, tahun ini ada Ebiet G. Ade. Legenda folk Indonesia dengan lirik filosofis ini mewarnai musik Indonesia dengan 21 album yang dirilis pada rentang 1970-an sampai 2000-an. Lagu-lagunya yang bercerita tentang lingkungan dan kemanusiaan terus menginspirasi hingga kini. Jika belum pernah menghadiri festival bersama orang tua, sekaranglah saatnya.

Ebiet G. Ade akan tampil di hari kedua, Sabtu 7 Oktober 2017, pada jam 18.30 di District Stage.

Diskoria

Duo pemutar disko lawas, Merdi Leonardo Simandjuntak dan Fadli Aat, yang akan membuat Anda terlempar ke masa lampau. Dengan repertoar dari era kejayaan disko Indonesia dekade '70-an dan '80-an, Diskoria telah membuat nama mereka dikenal dari klub ke klub lewat acara-acara kecil yang padat pengunjung. Bukan hanya mengajak berdansa tapi memberikan juga gambaran tentang musik disko lokal yang jarang tersentuh oleh generasi terkini.

Diskoria akan tampil di hari kedua, Sabtu 7 Oktober 2017, pada jam 23.45 di Gigs Stage.

Danilla

Solois yang sedang naik daun ini baru saja merilis album kedua. Danilla melepas Lintasan Waktu resmi secara digital pada 18 September. Sebelumnya, beberapa single seperti "Kalapuna" dan "AAA" sudah diperkenalkan ke khalayak. Danilla juga sudah mulai membawakan lagu-lagu dari album terbaru saat tampil di atas panggung. Dengan materi gres yang berbeda dari album perdana, menarik bila Danilla datang dengan kejutan di panggung Synchronize Fest 2017.

Danilla akan tampil di hari ketiga, Minggu 8 Oktober 2017, pada jam 16.45 di District Stage.

D'Essentials of Groove

Duet neo soul dua generasi yang bersatu lagi khusus untuk Synchronize Fest. Maliq & D'Essentials dan The Groove sebelumnya melakukan kolaborasi ini dalam rangka konser khusus yang digelar tahun lalu. Dua konser sold out di Jakarta dan Bandung membuktikan kalau penggabungan keduanya menarik minat banyak penggemar. Dengan hits yang dimiliki masing-masing band, tentu menarik melihat keduanya menyuntikkan energi tambahan di lagu-lagu tersebut. Sebuah perpaduan yang dijamin akan mengajak bergoyang dari awal sampai akhir.

D'Essentials tampil di hari pertama, Jumat 6 Oktober 2017, pada jam 23.45 di Dynamic Stage.



Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Live Review: Mocca x Payung Teduh
  3. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  4. Superman is Dead Tolak Permintaan Presiden Jokowi untuk Memakai Lagu Mereka
  5. Perpaduan Gairah Musik dan Skateboard di Volcom: Road to Cakrawala

Editor's Pick

Add a Comment