Festival Film Internasional Balinale Siap Digelar untuk Kali Kesebelas

Menjadi tahun pertama diadakannya program kompetisi

Oleh
Balinale.com

Festival film internasional Bali, atau dikenal pula dengan sebutan Balinale, akan kembali diselenggarakan untuk kesebelas kalinya pada 24 hingga 30 September mendatang di Cinemaxx Theater, Lippo Mall Kuta.

Total ada 108 film dari 42 negara yang bakal dihadirkan pada ajang ini untuk para pecinta film di Pulau Dewata, seperti diinformasikan lewat rilis pers yang diterima Rolling Stone. Jenisnya pun beragam, ada film panjang, film pendek, film dokumenter, maupun film animasi.

Chaplin in Bali yang disutradarai oleh Raphael Millet asal Perancis telah dipilih sebagai film pembuka, sekaligus menjadi pemutaran perdana film tersebut di seluruh dunia. Sesuai judulnya, film ini membahas kepingan sejarah Charlie Chaplin saat ia minggat ke Bali demi menjauh dari ingar bingar Hollywood dekade '30-an, pada akhir masa jaya film bisu.

Sederet sutradara dunia lainnya juga menjadikan Balinale sebagai ajang pemutaran perdana film-film mereka, seperti Mu-Ming Tse dari Taiwan dengan Paradoxical, Daniel Peddle asal Amerika Serikat Moss, serta Corey Pearson dengan film laga Indonesia berjudul Message Man yang dibintangi Valentin Payen, Paul O'Brien, Mike Lewis, Agni Prathista, Mario Irwinsyah, dan Verdi Solaiman.

Terdapat pula film-film bertema musik yang akan diputar di sana, yaitu Tomorrowland karya Sarvnas Alambeigi tentang sulitnya menjadi DJ di Iran, Dixie Land yang disutradarai Roman Bondarchuk asal Ukraina, dan Hush garapan Djenar Maesa Ayu yang bekerja sama dengan Kan Luma dari Singapura yang mengarahkan fokus kepada penyanyi Cinta Ramlan.

Sementara itu, film penutup Balinale adalah Moonlight arahan Barry Jenkins yang memenangkan Film Terbaik pada Academy Awards 2017. Pemutaran ini menjadi satu-satunya kesempatan bagi publik tanah air untuk menonton film ini di layar bioskop.

Balinale 2017 menjadi tahun pertama diadakannya program kompetisi pada festival film bertaraf internasional ini. Ada 21 judul film yang akan berkompetisi—terbagi menjadi tiga kategori—di hadapan juri dan audiens. Untuk daftar lengkapnya, bisa dilihat pada situs resmi Balinale.com.

 

Editor's Pick

Add a Comment