8 Alasan Festival Musik Indonesia Layak untuk Dihadiri

Powered by Soundrenaline

Oleh
Suasana panggung Soundrenaline 2016.

Festival musik Indonesia selalu hadir di tiap tahunnya, menjadi wadah terbaik untuk para pemusik unjuk kemampuan dan bersenang-senang. Beberapa kawasan tanah air sudah memiliki festival musik kebanggaanya. Ada yang bertaraf internasional, ada pula yang khusus diramaikan oleh deretan aksi lokal. Apa pun statusnya, festival musik masih diunggulkan sebagai sebuah pesta rakyat.

Banyak festival musik Indonesia yang sudah mengantongi kualitas cemerlang. Prestasi ini didapat berkat para pihak penyelenggara berhasil menyuguhkan dengan baik setiap bagian di dalam sebuah festival musik. Untuk itu berikut adalah delapan alasan sebuah festival musik Indonesia layak untuk dihadiri. Daftar ini diharapkan bisa menjadi bahan acuan bagi para calon penonton juga para calon pihak penyelenggara.

Pengalaman pasca acara

Pengalaman seru sebuah festival harus tertanam dengan baik meski hari perhelatannya telah usai. Pihak penyelenggara dapat mempertahankannya dengan publikasi-publikasi yang menarik seperti cuplikan dalam bentuk video, tulisan, foto, ataupun kegiatan-kegiatan lain di dunia maya. Para penonton yang hadir juga bisa mengunggah foto/video/tulisan di sosial media mereka sebagai bentuk kilas balik pengalaman seru yang tak terlupakan. Hal ini bertujuan agar antusias penonton untuk menanti edisi selanjutnya dari festival musik tersebut tetap terjaga.

Salah satu festival musik Indonesia yang memenuhi delapan karakter di atas adalah Soundrenaline. Di perhelatannya tahun ini para calon penonton dapat terlibat lebih dalam lewat beberapa kegiatan seperti voting musisi favorit yang ingin ditonton, mengikuti langsung kompetisi seru (Band Competition, Your Soundrenaline Outfit, Visual Art Competition), bahkan terlibat menjadi pihak penyelenggara lewat kegiatan Soundrenaline Squad. Kunjungi situs resmi soundrenaline.co.id untuk mendapat kesempatan mengikuti kegiatan-kegiatan seru di dalam Soundrenaline 2017.

Segudang kegiatan interaktif

Arus energi di dalam festival musik tidak harus bergerak satu arah dari penampil di atas panggung kepada penonton. Pihak penyelenggara dapat menghadirkan banyak kegiatan interaktif di tengah-tengah penonton mulai dari pameran seni, wahana-wahana seru, maupun temu sapa dengan musisi idola. Para penontonnya sendiri langsung bisa membagikan pengalaman-pengalaman seru tersebut ke sosial media mereka.

Kolaborasi seru

Aksi kolaborasi antara dua musisi menjadi salah satu bagian yang menyegarkan bagi sebuah festival musik. Pihak penyelenggara dapat melakukan kawin silang antar dua musisi dengan aliran musik ataupun generasi yang berbeda. Soundrenaline 2017 menampilkan beberapa kolaborasi seru seperti Stars and Rabbit dan Bottlesmoker, Danilla Riyadi dan Mondo Gascaro, Berry Likumahuwa dan Abdul & The Coffee Theory, Endah N Rhesa dan Adhitia Sofyan, HGMNC dan Neonomora, Andien dan Scaller, hingga Glenn Fredly dan Kelompok Penerbang Roket. Hal ini akan meninggalkan cerita dan pengalaman baru bagi masing-masing basis penggemar.

Jajaran penampil

Bagian ini terlihat klise namun tak jarang luput dari pikiran para pihak penyelenggara. Pemilihan jajaran penampil sangat berpengaruh terhadap suasana berjalannya sebuah festival musik. Pihak penyelenggara harus cermat dalam memilih siapa penampil yang patut tampil menjadi pembuka, tampil pasca waktu rehat, tampi di waktu utama, hingga tampil sebagai penutup. Ini bukan hanya soal seberapa besar basis penggemar dari satu musisi, tapi lebih dari itu musisi yang dipilih harus berperan jitu dalam membangun suasana festival musik yang mumpuni. Misalnya Soundrenaline 2017 yang bakal menghadirkan jajaran penampil beragam mulai dari Sheila on 7, Burgerkill, Naif, Efek Rumah Kaca, Shaggydog, NTRL, Maliq & D"Essentials, Jet, Mew, Cults, hingga Dashboard Confessional.

Kenyamanan festival

Ketika lokasi festival sudah dirasa unik, alur di dalamnya kemudian menjadi pekerjaan penting selanjutnya. Penataan panggung, jalur penonton, stan-stan interaktif, hingga kebersihan harus dipikirkan baik-baik. Antusias besar festival musik akan mudah runtuh bila di hari penyelenggaraannya penonton tidak merasa nyaman menikmatinya.

Lokasi festival

Salah satu keunggulan festival-festival musik di Indonesia adalah banyaknya pilihan lokasi yang eksotis. Keindahan alam tanah air dapat menjadi dekorasi yang khas untuk panggung-panggung festival musik. Hal ini akan menjadi kekuatan tambahan dan menjadi keunikan bagi festival musiknya itu sendiri.

Tema festival

Bagian ini tidak bisa dianggap sembarangan. Sebisa mungkin pemilihan tema festival disesuaikan dengan mayoritas latar belakang para calon penonton. Tema festival yang baik adalah tema yang dapat mewakili pemikiran, semangat, hingga hasrat para penonton yang hadir. Tema festival juga dapat membangun suasana seru selama acara berlangsung.

Aktivitas menarik pra-acara

Festival musik tidak melulu soal hari penyelenggaraannya. Di era cepatnya penyebaran informasi seperti sekarang ini, aktivitas menarik pra-acara menjadi salah satu aspek yang penting. Di bagian ini pihak penyelenggara berkesempatan untuk mulai memupuk antusias para calon penonton. Pihak penyelenggara dapat menjalani banyak aktivitas interaktif yang menarik misalnya seperti kegiatan kuis, berbagi pengalaman, hingga memberi kesempatan kepada para calon penonton untuk memilih siapa musisi tamu yang ingin disaksikan.



Related

Most Viewed

  1. 10 Kolaborasi Seru yang Terjadi di Soundrenaline 2017
  2. Saksikan Trailer Film ‘Chrisye’ yang Menampilkan Vino G. Bastian
  3. Linkin Park Akan Tampil di Konser Penghormatan Chester Bennington
  4. Dengarkan Lagu Punk dalam Vinil Beyoncé
  5. Sam Smith Dokumentasikan Perpisahan Romantis dalam Video ‘Too Good at Goodbyes’

Editor's Pick

Add a Comment