Musical.ly Resmi Diluncurkan di Indonesia

Aplikasi video pendek ini bakal membangun kerja sama dengan pihak-pihak terkait di dalam dunia hiburan tanah air

Oleh
Pesta peluncuran Musical.ly cabang Indonesia di Three Buns, Jakarta pada Rabu (23/8) lalu dibuka dengan sambutan dari Teguh Wicaksono selaku Country Manager. Bani Hakiki

Platform media sosial asal Tiongkok bernama Musical.ly telah menghelat pesta peluncuran di Three Buns, Jakarta pada Rabu (23/8) lalu untuk meresmikan keberadaan cabang di Indonesia. Musical.ly merupakan aplikasi yang merambah dunia media sosial untuk membuat video pendek secara kreatif dan kemudian menyebarkannya ke sesama pengguna, atau disebut muser.

Musical.ly juga bisa dijadikan wadah komunikasi dan menyambung setiap individu ke komunitas yang lebih luas. Aplikasi ini bisa diunduh dan digunakan pada berbagai gawai, terutama ponsel pintar. Prototipe Musical.ly hadir pada 2014 silam dan kemudian diluncurkan secara resmi beberapa bulan kemudian.

Pada pesta peluncuran cabang Indonesia, pihak Musical.ly tak lupa mengundang komunitas muser tanah air yang ternyata cukup banyak dan beberapa sudah ada sejak pertama kali aplikasi tersebut muncul. Salah satunya bernama Andika yang kini, melalui kanal YouTube-nya, seringkali mengunggah konten tutorial trik pembuatan video pendek Musical.ly. Ia pun sempat memeragakan sedikit caranya di tengah-tengah acara.

Tidak hanya komunitas, sejumlah musisi pun ikut meramaikan pesta peluncuran ini lewat penampilan mereka, yaitu Angela Vero yang pernah lolos ke tiga besar ajang pencarian bakat di Belanda, boyband bernama B-Force, Jaz, The Finest Tree, dan ditutup dengan suplaian lagu dari Diskoria.

Ketika duo DJ dari Diskoria masih menjalankan set-nya yang terdiri dari lagu-lagu Indonesia pengundang dansa, Teguh Wicaksono selaku Country Manager untuk Musical.ly Indonesia menyempatkan diri berbincang dengan Rolling Stone soal platform yang diurusnya ini.

"Musical.ly itu kan platform global, tapi kami melihat perkembangan Musical.ly di Indonesia beserta komunitasnya itu bagus banget," ujar Teguh. "Nggak cuma itu, mereka juga berinteraksi dengan sangat oke, baik antara sesama pengguna Indonesia maupun dengan pengguna di luar negeri. Akhirnya ya sudah, Musical.ly buka office di sini."

Seperti diutarakan Teguh, ada beberapa tujuan diresmikannya Musical.ly di sini antara lain membangun kemitraan dengan pihak-pihak terkait di dalam dunia hiburan, seperti pebisnis dan pencipta, untuk melokalisasi platform tersebut. Musical.ly bahkan juga berencana kerja sama dengan beberapa media lokal dan promotor musik yang ada di Indonesia.

Teguh kemudian meyakini bahwa Musical.ly dapat merambah ke seluruh kota, terutama kota-kota besar Indonesia. (rn)

Editor's Pick

Add a Comment