Rehat Sejenak: Laporan dari Folk Music Festival 2017

Tak banyak festival yang bisa membuat penonton duduk di lapangan luas dari pagi sampai malam akhir acara. Folk Music Festival 2017 yang digelar di Kusuma Agrowisata, Batu, melakukannya

Oleh
Bin Idris ketika tampil di hadapan para pengunjung Folk Music Festival 2017. Ivan Makhsara

Kusuma Agrowisata Resort and Convention Hotel dikenal karena dua hal: tempat wisata keluarga, khususnya bagi orang di sekitar Jawa Timur, dan pusat latihan resmi untuk tim nasional sepak bola Indonesia. Tempat ini jadi favorit terutama karena udaranya yang segar, tempat yang jauh dari modernitas, dan pemandangan indah yang seperti tiada habisnya.

Maka ketika Folk Music Festival 2017 mengumumkan lapangan sepak bola yang berada di area Kusuma Agrowisata sebagai lokasi acara, langsung terbayang suasana sejuk yang disediakan alam. Terlebih FMF 2017 menjanjikan pula jejeran pengisi acara yang dipastikan akan memuaskan dahaga penggemar musik folk.

Stars & Rabbit, Payung Teduh, Float, Monita Tahalea, Ari Reda, Danilla, Silampukau, Jason Ranti, Iksan Skuter, Bin Idris, Sandrayati Fay, Irine Sugiarto, Manjakani, dan Pagi Tadi merupakan nama-nama yang tampil tahun ini.

Meski acara baru dimulai pukul satu siang, penonton sudah antusias untuk datang ke lokasi acara bahkan sejak pukul 10 pagi. Sebelum gerbang dibuka, terdengar kabar bahwa panitia FMF 2017 telah menjual 3500 tiket presale. Dengan harga Rp 100 ribu, cukup mengagumkan untuk mendengar kabar tersebut. Di era banyak festival bertebaran, melegakan untuk melihat tiket yang lumayan mahal tetap dapat mengundang banyak penonton.

Kehadiran penonton yang lebih dulu bisa jadi karena program unik yang ditawarkan FMF 2017 yaitu "Makan Sayang". Di sesi tersebut, penonton yang rela datang sejak awal dapat berbagi makan siang bersama artis pengisi acara. Posisinya berada di sebuah area istirahat yang disediakan di dekat jejeran booth makanan di sayap kanan lapangan.

"Makan Sayang" sebenarnya sudah diterapkan sejak tahun lalu di Folk Music Festival kedua. Meski begitu tak semua artis menyambangi area makan yang disediakan. Tahun ini ada Bin Idris dan Monita Tahalea yang mampir untuk bercengkerama bersama penonton. Tak heran begitu keduanya hendak mengambil makan langsung banyak penonton mengerubungi untuk mengambil foto bersama dan minta tanda tangan.

Suasana penuh keakraban ini menjadi highlight utama yang membedakan Folk Music Festival dengan festival lainnya. Sejak aksi pertama, penonton sudah duduk di depan panggung untuk menikmati pertunjukan. Walau harus bertarung dengan teriknya matahari, mereka tak terlalu terganggu dan dengan khidmat memperhatikan musisi-musisi pembuka.

Untuk kisah selengkapnya silakan baca majalah Rolling Stone Indonesia edisi 148 Agustus 2017.

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Free Download: Future Collective - "Molposnovis (feat. Anindita Saryuf)"
  2. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  3. Menyemai Inspirasi di Archipelago Festival 2017
  4. Sonic Fair 2017 Resmi Pindah ke Lokasi yang Lebih Luas
  5. 17 Lagu Indonesia Bertema Kebangsaan Terbaik

Add a Comment