Reza Rahadian, Riri Riza, Mira Lesmana, Chelsea Islan Menjadi Juri Kompetisi GoVideo

Ikut serta pula sutradara Anggy Umbara

Oleh
Kiri ke kanan: Anggy Umbara, Reza Rahadian, Piotr Jakubowski, Mira Lesmana, dan Mahardika Yudha dalam konferensi pers GoVideo Abyan Nabilio

GoJek kembali menggelar kompetisi video bernama GoVideo yang diumumkan melalui konferensi pers yang diselenggarakan di Kantor GoJek Indonesia, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu (2/8) ini. Dalam konferensi pers yang sekaligus menjadi titik peluncuran kompetisi ini, Chef Marketing Officer GoJek, Piotr Jakubowski mengundang aktor Reza Rahadian, sutradara Anggy Umbara, dan produser film Mira Lesmana yang nantinya akan menjadi juri dalam kompetisi tersebut.

"GoJek sebagai perusahaan yang berjiwa sosial ingin menjadikan kompetisi ini sebagai fasilitas kreativitas anak bangsa," ujar Piotr menjelaskan niat perusahaan penyedia layanan berbasis aplikakasi tersebut dalam konferensi pers.

Berbeda dengan tahun lalu yang pemenangnya hanya dibagi menjadi video terbaik, video terfavorit, dan sutradara terbaik, peserta kompetisi kali ini harus memilih dulu satu dari lima kategori, yaitu drama, komedi, dokumenter, video musik, dan animasi. Dari setiap kategorinya pemenang akan mendapatkan hadiah Rp 100 juta. Selain itu, akan dipilih video terbaik dari setiap kategori dengan hadiah Rp 300 juta dan penghargaan khusus untuk peserta pelajar berupa kamera video. Maksimal durasi juga dikurangi dari yang tadinya 10 menit menjadi hanya lima menit.

Peserta bisa mulai mendaftarkan karyanya mulai hari ini (2/8) hingga 2 Oktober mendatang. Finalis akan diumumkan pada 17 Oktober dan lima hari setelahnya (22/10), GoJek akan mengadakan malam penghargaan bagi para pemenang.

Selain nama-nama yang sebelumnya disebutkan, aktris Chelsea Islan, sutradara Riri Riza, dan Co-Founder GoJek Mikey Moran akan turut menyumbang suara untuk penilaian. Mahardika Yudha dari Ok. Video akan mengurasi video dari peserta yang masuk sebelum finalisnya dinilai juri-juri tadi.

Saat ditanya mengapa GoJek memilih mereka sebagai juri, Piotr menjawab, "Mereka yang terbaik di Indonesia."
"Orisinalitas adalah salah satu poin penting dari penilaian," tutur Mira Lesmana. Para juri tidak ingin ada masalah hak cipta dari video yang masuk.

"(Untuk video musik) bukan berarti membuat music video versi mereka dari lagunya Yura Yunita, misalkan. Lain soal ya kalau sudah dapat izin," tambah Reza Rahadian memberi contoh dari penyataan Mira sebelumnya.

Tema besar dalam kompetisi ini adalah Hidup Tanpa Batas. "Ini sesuai dengan nafas GoJek yang membantu dari segala sisi kehidupan," jelas Piotr. Selain orisinalitas, kreatifitas, teknik gambar, alur cerita, dan peran GoJek yang relevan dengan tema besar juga dijadikan kriteria penilaian. Akan tetapi, metode pengambilan gambar, alat yang digunakan, dan cara penyampain Hidup Tanpa Batas yang relevan dengan GoJek tidak dibatasi.

Editor's Pick

Add a Comment