Ed Sheeran, The xx, dan Sampha Memimpin Nominasi Mercury Prize

Alt-J dan Stormzy juga menjadi nominasi penghargaan musik Inggris yang bergengsi

Oleh
Ed Sheeran. Facebook/Ed Sheeran

Penghargaan musik Mercury Prize telah mengumumkan daftar nominasi untuk album Inggris terbaik tahun ini pada Kamis pekan lalu bersama Ed Sheeran, Sampha, Alt-J, The xx, dan Stormzy diantara 12 nomine lainnya.

Sheeran menjadi nomine untuk pertama kali berkat suksesnya album penuh bertajuk ÷ Divide yang menjadi penjualan album tercepat sepanjang sejarah Inggris untuk tahun ini. Single "Shape of You" menghabiskan 14 pekan bertengger di tangga lagu Nomor Satu di Inggris.

Sheeran bersaing dengan Sampha, bekas kolabolator Drake dan Kanye West dengan album debut solonya bertajuk Process, dan sepasang pemenang Mercury Prize sebelumnya, The xx (I See Your) dan Alt-J (Relaxer). Pada jenis musik lainnya, Mercury Prize juga telah memilih MC Stormzy (Gang Signs & Prayer), sang rapper/penyanyi J Hus (Common Sense), pelantun puisi Kate Tempest (Let Them Eat Chaos).

Deretan juri yang hadir dalam daftar termasuk di antaranya musisi Marcus Mumford, Jessie Ware, Ella Eyre, dan Jamie Cullum bersama DJ Clara Amfo dari Radio 1. Mumford mengatakan kepada BBC bahwa selama proses nominasi, "Kami hanya mengizinkan berbicara tentang hal positif, jadi saya cukup banyak diam."

Eyre menghadapi masalah serupa. "Saya sebenarnya kesulitan karena saya cukup sinis," katanya, meskipun ia mengetahui bahwa terdapat beberapa kebijaksanaan dalam pendekatan konstruktif: "Saya rasa itu cara yang baik – fokus pada positif album. Sebagai permulaan."

Para pemenang Mercury Prize akan diumumkan pada 14 September mendatang. Tahun lalu, bintang dan kolabolator Drake, Skepta memenangkan Mercury Prize dengan album Konnichiwa. (hqq/wnz)

Daftar Nominasi Mercury Prize:

Alt-J – Relaxer
Blossoms – Blossoms
Dinosaur – Together, As One
Ed Sheeran – ÷ Divide
Glass Animals – How To Be A Human Being
J Hus – Common Sense
Kate Tempest – Let Them Eat Chaos
Loyle Carner – Yesterday"s Gone
Sampha – Process
Stormzy – Gang Signs & Prayer
The Big Moon – Love In The 4th Dimension
The xx – I See You

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. 17 Lagu Indonesia Bertema Kebangsaan Terbaik
  2. 10 Album Metal Favorit M. Shadows dari Avenged Sevenfold
  3. Rich Chigga Siap Tur Konser Keliling Amerika Serikat Kedua Kalinya
  4. Kahitna, Slank, hingga Superman Is Dead Siap Ramaikan Synchronize Fest 2017
  5. Lagu "Rock Da Mic" dari Shaggydog Digubah Ulang Menjadi Empat Versi Berbeda

Add a Comment