Hologram Ronnie James Dio Akan Tur Keliling Dunia

“Ini memberi [penggemar] sebuah kesempata untuk mendapat pengalaman [penampilan Dio] tanpa bergantu pada video berkualitas rendah di Youtube,” ucap sang gitaris Craig Goldy

Oleh
Ronnie James Dio. Danny Gonzalez

Setelah melakukan debut di festival Wacken, Jerman pada tahun lalu, hologram vokalis heavy metal legendaris Ronnie James Dio akan melakukan tur keliling dunia, dibantu oleh para musisi yang bermain bersamanya pada musim gugur ini. Gelaran tur bertajuk "Dio Returns" tersebut akan dimulai dari Eropa dengan penampilan di teater pada 30 November di Helsinki sebelum menghajar Amerika Selatan, Australia, dan Asia. Tur tersebut akan singgah di Amerika Serikat pada musim semi 2018 dan beberapa festival musim panas yang akan datang.

"Pada 1986, untuk Sacred Heart Tour, Ronnie dan saya menciptakan Crystal Ball dengan Ronnie di dalamnya dan berbicara dalam efek bola kristal yang tergantung, dilakukan dengan bantuan proyeksi yang paling dekat yang kami dapat untuk hologram," tutur istri sang vokalis, Wendy Dio kepada Rolling Stone. "Ronnie selalu ingin bereksperimen dengan ide panggung baru dan merupakan penggemar berat Disney. Dengan tur ini, saya yakin ia memberkati kami dengan proyek hologram ini. Hal ini akan memberi para penggemar yang pernah melihat Ronnie tampil untuk melihatnya lagi dan penggemar baru yang tak pernah melihatnya tampil berkesempatan untuk pertama kali melihatnya. Kami harap semua orang akan menikmati pertunjukan yang telah kami garap dengan begitu kerasnya."

Ahli waris Dio telah bekerja sama dengan perusahaan hologram Eyellusion agar bayangan sang penyanyi bisa menampilkan berbagai hits terbaru sang vokalis, termasuk di antaranya "Holy Diver", "Rainbow in the Dark", "We Rock", "King of Rock and Roll", "Neon Knights" dan "Heaven and Hell" dari Black Sabbath, dan "Man on the Silver Mountain" dari Rainbow. Bagian produksi menggunakan suara penampilan Dio dari selama kariernya bersama band yang membantunya di depan panggung dari tur Sacred Heart dan Dream Evil sang vokalis. Set hologram akan berbeda dari malam ke malam, dan penonton harus menonton band Dio yang juga tampil bersama vokalis Tim "Ripper" dan Oni Logan pada beberapa jadwal tertentu.

Band Dio terdapat gitaris Craig Goldy, drummer Simmon Wright, keyboardist Scott Warren, dan bassist Bjorn Englen. Para musisi tersebut sebelumnya pernah tampil sebagai Dio Disciples.

Goldy mengatakan kepada Rolling Stone, band tersebut selalu berharap untuk tur dan ia bersama rekan bandnya berencana membuat antara 80 hingga 100 konser bersama hologram tersebut. Setelah melakukan pertunjukan di Pollstar Live! di konser industri majalah Amerika Serikat dan International Live Music Conference di London, ia berkata bandnya menerima beberapa tawaran untuk tampil.

Respons yang Goldy terima setelah penampilan hologram itu cukup tercampur. "Ronnie telah dan masih sangat dipuja oleh para penggemarnya yang mana benar-benar keluarga tambahan baginya dan mereka juga memiliki hubungan spesial dengan dirinya seorang yang memberi mereka hak untuk bersuara," ucapnya. "Seperti keluarga, tidak semua setuju, tapi ini adalah hadiah untuk para penggemar yang telah tercipta dalam semangat yang sangat sama seperti yang Ronnie berikan selama kariernya dan menciptakan sejumlah pertunjukan panggung yang luar biasa ini menyaingi Madonna dan Michael Jackson."

"Untuk mereka yang berada di ruangan di acara tur industri Pollstar dan mendapat pengalaman langsung ini, reaksinya sangat positif," ujar CEO Eyellusion Jeff Pezzuti. "Ronnie adalah pasukan tur utama selama beberapa dekade dan itu mendukung penampilan hari ini seiring tempat dan promotor seluruh dunia lanjut memesan pertunjukan ini. Kami senang dengan kegembiraan dan antisipasi untuk tur ini dan sulit untuk mengerjakan sesuatu yang akan penggemar ingat dalam waktu yang panjang".

"Kami melakukan ini karena kami semua keluarga dan ketika kehilangan salah satu anggota keluarga yang dicintainya, mereka mencoba menjaga kenangan dari orang yang mereka cintai ketika hidup," ucap Goldy. "Itu adalah semangat di balik semua yang kami lakukan. Ketika kami tampil dalam tur ini, untuk saya, itu adalah layanan kenangan dalam bentuk konser rock… Ini memberi [penggemar] sebuah kesempatan untuk mendapat pengalaman [penampilan Dio] tanpa bergantung pada video berkualitas rendah di YouTube".

Jadwal tur Dio Returns
30 November - Helsinki, Finlandia @ The Circus
3 Desember - Stockholm, Swedia @ Fryshuset
4 Desember - Oslo, Norwegia @ Rockefeller Music Hall
6 Desember - Warsaw, Polandia @ Progresja
13 Desember - Barcelona, Spanyol @ Bikini
15 Desember - Santander, Spanyol @ Escenario Santander
17 Desember - Bucharest, Romania @ Arelene Romane
20 Desember - Antwerp, Belgia @ Trix
21 Desember - Tilburg, Belanda @ 013

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  3. Perpaduan Gairah Musik dan Skateboard di Volcom: Road to Cakrawala
  4. Yatra, Sebuah Perjalanan ke Nepal Sebelum Bencana
  5. Payung Teduh Memperkenalkan Single Terbaru, "Di Atas Meja"

Add a Comment