‘Danur: I Can See Ghosts’ Jadi Film Horor Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

Juga merupakan film Indonesia kedua yang tembus sejuta penonton pada 2017

Oleh
Para pemeran film 'Danur': Shareefa Daanish, Inggrid Widjanarko, dan Prilly Latuconsina. Dok. MD Pictures

Film horor arahan Awi Suryadi, Danur: I Can See Ghosts, menjadi film Indonesia kedua pada 2017 yang mencapai sejuta penonton; mengikuti Surga Yang Tak Dirindukan 2. Film yang dibintangi Prilly Latuconsina ini meraih prestasi tersebut dalam jangka waktu kurang lebih satu pekan sejak pertama kali tayang serentak di 441 layar bioskop.

Menurut situs FilmIndonesia.or.id yang menulis rekap pemasukan bioskop Indonesia, Danur: I Can See Ghosts telah ditonton oleh 1.373.593 orang. Akun Twitter resmi film tersebut juga menyampaikan kalau film ini merupakan film horor Indonesia terlaris sepanjang masa. Bahkan klaim ini juga didukung oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Danur: I Can See Ghosts diangkat dari buku berjudul Gerbang Dialog Danur yang ditulis Risa Saraswati dan terinspirasi dari kisah nyata. Kisahnya tentang Risa yang berteman dengan hantu sejak masih kecil. Sang ibunda, Elly, yang mendapati anaknya sering tertawa sendiri menyadari kalau ia bersahabat dengan makhluk gaib. Dengan terpaksa, teman Risa itu diusir.

Sembilan tahun sejak pertemuan itu, Risa kembali ke rumah neneknya bersama Riri selaku adik. Kejadian-kejadian aneh dan gangguan terjadi. Puncaknya ketika Riri menghilang, Risa harus menyelamatkan adiknya itu dari hantu jahat yang berencana membawa Riri ke dunia lain.

Kesuksesan Danur: I Can See Ghosts segera direspons rumah produksi MD Pictures dengan mengumumkan sekuel yang akan dirilis pada 28 Maret 2018. Terakhir kali film horor menembus angka sejuta penonton adalah ketika Air Terjun Pengantin ditayangkan pada 2009. Dalam delapan tahun terakhir, film horor tidak terlalu berjaya di bioskop. (rn)

Editor's Pick

Add a Comment