Citra Terbaru Rossa Lewat Album 'A New Chapter'

Ada sembilan lagu, empat di antaranya direkam di Los Angeles bersama komponis Amerika Serikat

Oleh
Rossa saat rilis pers peluncuran 'A New Chapter' pada Rabu (5/4) kemarin di KFC Kemang, Jakarta. Mohammad Zaki

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, penyanyi pop kondang tanah air Rossa telah membuat perubahan signifikan dalam citra karier bernyanyinya. Melalui single "Body Speak" yang dirilis akhir Februari lalu, Rossa terlihat tampil lebih kekinian dalam video musik paling modern yang pernah ia keluarkan.

Lagu itu ternyata adalah perkenalan Rossa atas rilisan terbarunya yang bertajuk A New Chapter. Dirilis Rabu (5/4) kemarin di KFC Kemang, Jakarta, album ini membawa Rossa ke kawasan baru dalam dua puluh satu tahun kariernya di industri musik tanah air.

A New Chapter berisi sembilan lagu, di mana empat di antaranya direkam di Los Angeles bersama Mitch Allan sebagai produser vokal. Mitch Allan adalah musisi, pencipta lagu, dan produser musik yang pernah bekerja sama dengan deretan penyanyi seperti Demi Lovato, Miley Cyrus, Jason Derulo, Pitbull, Fifth Harmony, Kelly Klarkson, dan Simple Plan.

Meski "Body Speak"--dibesut oleh tiga komponis Amerika Serikat: Steve Shebby, Joleen Belle, dan Michelle Buzz--secara simbolis menggambarkan perubahan Rossa, namun album terbarunya bisa terwujud karena dipicu oleh lagu "Jangan Hilangkan Dia" ciptaan vokalis D"MASIV, Rian Ekky Pradipta.

"Terus terang waktu itu aku ingin jual aset-asetku di Indonesia, aku mau pindah ke Australia. Aku benar-benar sudah nggak tahu lagi mau ngapain, semua sudah pernah aku lakukan. Tapi begitu aku dapat lagu 'Jangan Hilangkan Dia', aku mau bikin album yang beda sama album-album aku sebelumnya," papar Rossa saat jumpa pers.

Sekadar informasi, "Jangan Hilangkan Dia" sendiri merupakan soundtrack untuk film berjudul I Love You from 38.000 Ft yang dirilis tahun 2016 lalu. "Ketika Rian kirim liriknya, kok bisa pas ya sama cerita di filmnya," ujar Rossa.

Pertemuan Rossa dengan pencipta lagu dan produser musik berdarah India-Australia, Thusar Apte, saat berada di Bali juga menjadi titik balik dirinya mendapatkan semangat baru untuk membuat album.

Rossa mengungkapkan, "Thusar Apte ini yang bikin lagu buat Chris Brown dan Alicia Keys. Jadi aku bilang sama dia, 'Thusar, kamu belum pernah bikin lagu buat penyanyi Indonesia kan?' Terus dia bilang 'Why not?' Akhirnya aku kirim lagu 'Jangan Hilangkan Dia'. Jadi aransemen musiknya dia yang buat."

Selain mengajak Rian D"MASIV dan Thusar Apte, album baru Rossa juga diramaikan oleh deretan musisi dalam negeri lain, mulai dari Pay dan Dewiq untuk lagu "T'lah Mencoba", Taufik Batisah pada "Bukan Maksudku", David Sam untuk nomor "Cinta dalam Hidupku", dan Aji Mirza Hakim atau lebih dikenal sebagai Icha eks-Jikustik pada "Satu Hal yang Bodoh". (rn)

Editor's Pick

Most Viewed

  1. 10 Film Indonesia Terbaik 2016
  2. Ini Band-band Thrash Metal Favorit James Hetfield Di Luar 'Big Four'
  3. JKT48 Meluncurkan Setlist Terbaru ‘Sekarang Sedang Jatuh Cinta’
  4. 8 Lagu Cover Akustik Chris Cornell Paling Berkesan
  5. Hammersonic Festival 2017

Add a Comment