Brian Wilson Mengenang Chuck Berry: “Dia Mengajarkan Saya Bagaimana Menulis Rock”

“Dia menginspirasi saya sebagai penulis lirik,” ujar salah satu pendiri Beach Boys. “Saya kaget saat mengetahui kematiannya dan itu membuat saya takut”

Oleh
Brian Wilson. Takahiro Kyono

Brian Wilson tengah berada di belakang panggung Sabtu malam lalu, menunggu tampil di Fantasy Springs Resort Casino, Indio, California, AS untuk tur perayaan 50 tahun album Pet Sounds, ketika ia mengetahui salah satu idolanya, Chuck Berry tutup usia. "Saya kaget saat mengetahui kematiannya dan itu membuat saya takut," ujarnya kepada Rolling Stone. "Saya tidak tahu mengapa saya takut, tapi saya kaget." Pada hari Minggu, ia mengatakan masih merasa terkejut dengan kabar kematian Berry.

Bagi Wilson, Berry adalah salah satu orang penting yang menginspirasinya dalam musik saat ia pertama kali menciptakan lagu setengah abad yang lalu untuk Beach Boys. "Dia mengajarkan saya bagaimana menulis melodi rock & roll, bagaimana vokal seharusnya dinyanyikan," ujarnya. "Liriknya sangat, sangat bagus. Lirik-liriknya luar biasa bagus. saya suka "Johnny B. Goode,' yang bercerita tentang seorang pemuda yang memainkan gitarnya."

"Dia menginspirasi saya sebagai penulis lirik," ujarnya. "Dia membuat saya ingin menulis tentang mobil dan berselancar. Saya suka lirik "Roll Over Beethoven." Ini terasa seperti apa yang ia lakukan adalah hal baru."

Pengaruh besar Berry begitu terasa terutama pada "Surfin" U.S.A," single Beach Boys pada 1963, yang berhasil menduduki nomor tiga di urutan Billboard. Seperti diingat Wilson, ia begitu terpikat dengan lagu "Sweet Little Sixteen" milik Berry yang menurutnya "Melodi dan pola kord itu menginspirasi saya untuk menulis 'Surfin" U.S.A."" Ketika single tersebut rilis, penciptanya tertulis atas nama Wilson sepenuhnya. Namun beberapa tahun kemudian, ia membaginya dengan Berry atas permintaan penerbit musik Berry. Wilson mengatakan bahwa akhir-akhir ini ia tidak keberatan membagi kreditnya dan mantan gitaris Beach Boys, mendiang Carl Wilson, sempat berkata Berry memberitahunya bahwa ia menyukai "Surfin" U.S.A."

Selain itu, sengketa penciptaan lagu tidak pernah membuat Beach Boys berhenti membawakan lagu-lagu Berry saat live ataupun di studio sebagai penghormatan kepada idolanya. "Dengan Beach Boys, kami terinspirasi untuk bermain "Rock and Roll Music" dan "School Days" karena melodi-melodinya yang hebat," ujar Wilson. "Lagu-lagunya sangat mudah dibawakan. Kami sudah lama tidak membawakan lagu-lagunya akhir-akhir ini [dengan band solonya], tapi saya ingin segera membawakannya. Saya suka membawakan "Rock and Roll Music" dan "Johnny B. Goode.""

Meskipun Beach Boys pernah tampil istimewa dengan Chuck Berry di akhir 1964, terekam pada film konser The T.A.M.I. Show, namun Wilson ingat sempat berbincang-bincang dengan orang yang menginspirasinya itu hanya sekali di pesawat. Ia tidak ingat apa saja yang mereka bicarakan, namun ia ingat bagaimana aksi Berry saat tampil di depan para penonton. "Saya sangat menyukai aksi panggungnya," ujarnya. (rb/wnz)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  2. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  3. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak
  4. Inilah Para Pemenang AMI Awards 2017
  5. Perpaduan Gairah Musik dan Skateboard di Volcom: Road to Cakrawala

Add a Comment