Band Eksperimental Yogyakarta, Zoo, Siap Laksanakan Tur Eropa

Mulai 22 Maret hingga 14 April mendatang

Oleh
Zoo Music Weekly Asia

Band rock eksperimental asal Yogyakarta, Zoo, akan melakukan lawatan ke Eropa selama hampir satu bulan. Tur yang diberi tajuk Kelana Eropa 2017 ini berlangsung mulai 22 Maret hingga 14 April. Zoo mengumumkannya melalui laman Facebook mereka.

Mereka akan menyambangi negara seperti Prancis, Swiss, Belgia, sampai Belanda. Tur dibuka dengan penampilan Zoo di Sonic Protest Festival 2017, Paris pada 22 Maret. Acara tahunan ini menyediakan ruang untuk aksi musik rock eksperimental, electroacoustic, improvisasi, noise, dan avant garde. Festival yang diadakan di beberapa kota ini pernah mengundang Deerhoof sampai Merzbow. Zoo juga akan tampil di festival yang sama di Toulouse.

Zoo dibentuk pada tahun 2005 dan beranggotakan Rully Shabara, Bhakti Prasetyo, Dimas Budi Satya, dan Ramberto Aguzalie. Sejak pertama kali terbentuk mereka sudah merilis satu album mini dan tiga album penuh, yaitu Kebun Binatang EP (2007), Trilogi Peradaban (2009), Prasasti (2012), serta Samasthamarta (2015)

Pada 2013, Zoo sempat merilis film dokumenter bertajuk Tetenger produksi Binatang Film yang dibentuk oleh Satya Prapanca dan Rully Shabara. Dokumenter ini memuat perjalanan tur Zoo pada awal 2013 silam di tiga negara—Indonesia, Malaysia, dan Singapura—yang diselenggarakan dalam rangka mempromosikan album Prasasti.

Kini Zoo sedang mengerjakan album terbaru. Pada salah satu status Facebook mereka, Zoo sempat mengumumkan pencarian pakar bahasa atau teologi untuk diajak berdiskusi mengenai album baru. Ada pun tema album terbaru mereka adalah agama dan sistem kepercayaan. (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Grass Rock, Steven Jam, SATCF Siap Ramaikan RadioShow di Kota Malang
  2. 24 Kota Merayakan Record Store Day 2017 di Indonesia
  3. Alvin Eka Putra: Bermusik dengan Sikap Mental Positif
  4. Kelompok Penerbang Roket dan Mooner Dijadwalkan Tampil di Australia
  5. Unit Post-Punk Pendatang Baru Ibu Kota, Pelteras, Rilis Dua Lagu dalam Format Kaset

Add a Comment