Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Susun Program Untuk Bantu Komunitas Film

Bagian dari perayaan Hari Film Nasional

Oleh
Jumpa pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka Hari Film Nasional. Dok. Hari Film Nasional

Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Program Komunitas Masyarakat Film Penerima Bantuan Perfilman 2017. Program ini merupakan bagian dari perayaan Hari Film Nasional yang berlangsung satu bulan penuh pada bulan Maret.

Program Komunitas Masyarakat Film Penerima Bantuan Perfilman 2017 meliputi produksi film, apresiasi film, ekshibisi film, peredaran film, peningkatan kualitas juga keterampilan sumber daya manusia perfilman, serta mendukung perjalanan insan film dalam forum internasional.

Untuk produksi film, pusbang film akan memberikan bantuan kegiatan bagi sebagian atau keseluruhan rangkaian proses pembuatan film yang mengandung semangat revolusi mental mulai dari pra-produksi, produksi, sampai dengan pasca produksi.

Untuk apresiasi, ekshibisi, dan peredaran film, pusbang film akan memberikan bantuan bagi sebagian atau keseluruhan rangkaian kegiatan apresiasi (festival film), ekshibisi (pemutaran film), dan peredaran (pemutaran film keliling).

Untuk peningkatan kualitas dan keterampilan sumber daya manusia perfilman, pusbang film akan memberikan bantuan bagi sebagian atau keseluruhan rangkaian kegiatan seperti lokakarya, diskusi, seminar, dan riset.

Untuk mendukung perjalanan insan film dalam forum internasional, pusbang film akan memberikan bantuan bagi sebagian atau keseluruhan rangkaian keikutsertaan insan film dalam forum internasional.

Program Komunitas Masyarakat Film Penerima Bantuan Perfilman 2017 diperuntukkan untuk dua golongan. Pertama, bagi kelompok masyarakat (komunitas film/organsiasi perfilman/yayasan/lembaga) yang sedang menyelenggarakan kegiatan perfilman. Kedua, sineas (perseorangan) yang filmnya masuk seleksi pada festival film internasional atau terpilih mewakili Indonesia pada lokakarya atau forum perfilman internasional.

Waktu pengiriman proposal terbagi ke dalam tiga gelombang yaitu gelombang I yang paling lambat diterima pada 20 Maret 2017 untuk kegiatan yang akan dilaksanakan 10 April sampai 19 Juni 2017, gelombang II paling lambat diterima 15 Mei 2017 untuk kegiatan yang akan dilaksanakan 18 Juli sampai 30 September 2017, sedangkan gelombang III paling lambat diterima 30 Agustus 2017 untuk kegiatan yang dilaksanakan 1 Oktober sampai 30 November 2017.

Persyaratan peserta dan formulir pendaftaran dapat dilihat melalui situs pusbangfilm.kemendikbud.go.id. Formulir dan berkas dapat dikirim melalui surat elektronik fasilitasi.pusbangfilm@kemdikbud.go.id. (rn)

Editor's Pick

Add a Comment