Merayakan Ulang Tahun ke-77, Sapardi Djoko Damono Luncurkan 7 Buku

Satu buku baru dan enam buku rilis ulang dengan desain sampul baru

Oleh
Dok. Gramedia Pustaka Utama

Penyair tersohor Sapardi Djoko Damono bakal meluncurkan tujuh buku sekaligus berbarengan dengan perayaan ulang tahunnya yang ke-77. Sebuah peluncuran akan terselenggara pada Rabu (22/3) mendatang di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Pusat.

Masing-masing judul buku tersebut adalah Pingkan Melipat Jarak, Sutradara Itu Menghapus Dialog Kita, Kolam, Duka-Mu Abadi, Namaku Sita, Ada Berita Apa Hari Ini, Den Sastro?, dan Ayat-Ayat Api. Semuanya akan diedarkan serentak pada 27 Maret lewat Gramedia Pustaka Utama.

Pingkan Melipat Jarak--satu-satunya judul baru pada perilisan serentak ini--adalah novel kedua dari trilogi Hujan Bulan Juni, sedangkan sisanya merupakan buku puisi yang dirilis ulang dengan desain sampul baru. Khusus untuk Duka-Mu Abadi--pertama kali terbit pada 1969--disertai dengan CD musikalisasi puisi yang dinyanyikan oleh Tatjana Soebijanto dan M. Umar Muslim.

Ayat-Ayat Api pertama kali rilis pada tahun 2000, Ada Berita Apa Hari Ini, Den Sastro? pertama kali rilis pada 2002, Kolam pertama kali rilis pada 2009, Sutradara Itu Menghapus Dialog Kita pertama kali rilis pada 2012, dan Namaku Sita pertama kali rilis pada 2012.

Acara peluncuran tujuh buku dan nyanyian puisi Sapardi Djoko Damono akan diisi oleh Goenawan Mohammad, Joko Pinurbo, Ratu Vienny Fitrilya (JKT48), Tina Talisa, Iwan Setyawan, Ni Made Purnama Sari, Cynthia Hariadi, Tatyana Soebianto, dan M. Umar Uslim. Acara yang dipandu oleh Tony Thamrin ini terbuka untuk umum. Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirim surat elektronik ke dion.wisnu@gramediapublishers.com.

Sapardi Djoko Damono lahir pada 20 Maret 1940. Selain menulis puisi, nonfiksi, dan fiksi, ia juga dikenal sebagai pengajar. Karyanya banyak digubah dalam bentuk musikalisasi. Kebanyakan repertoar dari duet folk AriReda merupakan puisi darinya. (rn)

Editor's Pick

Add a Comment