Vokalis Deadsquad Sudah Menemukan Pilihan Calon Drummer Baru

Dari audisi terbuka yang digelar oleh Deadsquad, dua hari setelah mundurnya Andyan Gorust

Oleh
Formasi terkini Deadsquad. Adi Wirantoko

Berselang dua hari setelah drummer Andyan Gorust mundur pada Rabu (8/2) lalu, Deadsquad langsung membuka audisi terbuka untuk para drummer yang ingin mencoba menggantikan posisi Andyan. Audisi ini pertama kali diumumkan lewat akun Facebook dan Instagram Deadsquad bersamaan dengan pernyataan resmi pihak band tentang mundurnya drummer yang juga memperkuat Hellcrust.

Untuk mengikuti audisi ini para calon drummer perlu merekam dalam bentuk video permainan drum mereka yang menampilkan tiga lagu Deadsquad yaitu "Patriot Moral Permatur", "Anatomi Dosa", dan "Manufaktur Replika Baptis". Selain itu para peserta audisi juga diminta untuk mengirimkan biodata singkat dan akun sosial medianya ke alamat email dsdrumaudition@gmail.com. Audisi ini akan dibuka sampai 5 Maret mendatang.

Vokalis dari Deadsquad, Daniel Mardhany, membeberkan kepada Rolling Stone Indonesia bahwa ia sudah menjatuhkan pilihan kepada salah satu peserta audisi. "Gue sudah kenal dia dari zaman dia SMP," kata Daniel sambil tertawa. "Bandnya dulu sering main bareng Abolish Conception (band awal gue dari 2002). Gue sudah tahu dalem-dalemnya dan gue nyambung dengan attitude-nya. Sama-sama dengerin musik "aneh" di luar death metal juga," tambahnya.

Daniel sendiri menetapkan beberapa kriteria sederhana untuk bisa menjadi drummer baru Deadsquad. "Selain skill (drum), gue juga perlu attitude dan berangkat dari scene. Terus anaknya enak diajak nongkrong, ibaratnya habis manggung nggak langsung balik [tertawa]".

Rolling Stone Indonesia sempat menghubungi gitaris Stevie Item untuk dimintai keterangan perihal perkembangan audisi drummer baru, namun hingga berita ini diturunkan masih belum ada respons. Sedangkan Alan Musyfia, pemain bas dari Deadsquad yang juga merupakan rekan seband dengan Andyan di Hellcrust, mengaku tidak mengetahui tentang perkembangan proses audisi drummer Deadsquad hingga pekan lalu. Selain karena Alan tengah disibukkan dengan pekerjaan lain di toko musik bernama Hari Hari Musik, ia juga mengaku belum melakukan komunikasi apa pun dengan para personel Deadsquad pasca mundurnya Andyan.

Bagi Alan keputusan mundurnya Andyan dari Deadsquad cukup mengecewakan banyak pihak tak terkecuali dirinya. "Aku sih masih berharap kalau kita berempat bisa berkumpul semua, tanpa mengganggu jadwal masing-masing, untuk membicarakan kembali hal ini," kata Alan. "Bisa dibilang Andyan adalah idolaku bahkan dari aku masih SMP. Ini kan dream come true sebenarnya. Dan ternyata setelah masuk ke dalam Deadsquad, dia tidak hanya menjadi partner musik yang asik, tapi bisa menjadi partner apa pun."

Daniel pun mengutarakan hal senada dengan Alan perihal mundurnya Andyan. "Ya sedih dan merasa kehilangan. Tapi kalau kata Entombed, "And Life Goes On"," ucap Daniel. Saat ditanya seberapa besar kontribusi Gorust terhadap perjalanan karir Deadsquad, Daniel menjawab, "Banyak banget. Dia yang bikin band. Gue konsultasi pattern vocal sering sama dia. Yang bikin cover dan layout Horror Vision (album debut Deadsquad rilis 2009) juga dia."

Tidak sedikit publik khususnya Pasukanmati (sebutan penggemar Deadsquad) berspekulasi bahwa Andyan mundur dari Deadsquad karena ia lebih fokusmenjalani band death metal lainnya bernama Hellcrust. Namun Daniel dan Alan membantah hal ini. "Di luar/lokal banyak band yang personelnya punya lebih dari satu band. Nggak usah jauh-jauh, contohnya temen gue eks-Deadsquad juga si Coki (Bollemeyer). Bandnya (sempat) empat, genre-nya beda-beda," katanya seraya tertawa. "Gue sih nggak pernah membatasi orang main sama band lain, karena setiap orang punya passion musik masing-masing yang mungkin bisa diaplikasikan ke band-band yang berbeda dengan genre berbeda," lanjut Daniel.

Alan pun menyatakan bahwa memiliki proyek lain di luar Deadsquad bukan menjadi alasan utama Andyan harus mundur dari band. Dirinya mengenang suatu waktu Deadsquad dan Hellcrust pernah memiliki jadwal yang bentrok. "Akhirnya aku sama Andyan mencari additional untuk Hellcrust dan kami tetap all out juga di Deadsquad," kata Alan.

Dirinya pun melanjutkan, "untuk Pasukan Mati, aku cuma mau mengingatkan bahwa pergantian personel band itu biasa terjadi. Kayak aku kan waktu itu menggantikan posisi mas Boni. Siapa pun drummer-nya nanti, aku yakin Deadsquad akan terus jalan. Kita tidak tahu juga akan seperti apa kedepannya. Mau ada pergantian personel atau tidak, Deadsquad akan tetap jalan."

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Band Muda dari Potlot, Rachun, Siap Merilis Album Pendek
  2. Rayakan 23 Tahun, Gigi Siarkan Live Streaming Via Situs Resmi
  3. HURT’EM, Menggerinda Hingga Tingkat Paling Ekstrem
  4. Deadsquad, Seringai, Koil, Noxa, Hingga Getah Siap Gempur Jakarta Rockulture 2017
  5. Setelah Tujuh Tahun, Danzig Siap Melepas Album Baru

Add a Comment