Yahoo Ganti Nama, CEO Segera Mengundurkan Diri

Dikabarkan bakal berganti nama menjadi Altaba

Oleh
Marissa Mayer. Jolie O'Dell

CEO perusahaan digital Yahoo, Marissa Mayer dikabarkan akan segera mengundurkan diri setelah perusahaan telekomunikasi terbesar asal AS, Verizon Communication Inc menyelesaikan seluruh proses akuisisi mereka atas Yahoo.

Tidak hanya itu, setelah menjual bisnis utama mereka, Yahoo dikabarkan juga akan berganti nama menjadi Altaba. Pergantian nama ini dilakukan atas sisa-sisa aset, yang terdiri dari 15 persen dimiliki oleh Alibaba dan 35,5 persen dimiliki Yahoo Jepang.

"Nama ini merupakan kombinasi dari kata-kata "alternate" dan "alibaba"," ujar seorang sumber seperti dikutip The Wall Street Journal.

Meski begitu, sumber lain mengatakan bahwa nama Yahoo akan tetap ada. Hanya beberapa perusahaan yang mengelola sisa aset inilah yang kabarnya akan menjadi Altaba.

"Hanya bagian yang tidak dijual ke Verizon yang akan diganti nama menjadi "Altaba"," seperti dilansir The Guardian.

Seperti diketahui bersama, pada Juli 2016 lalu, Yahoo telah sepakat untuk menjual bisnis utama mereka yang terdiri dari mesin pencari, portal berita, dan surat elektronik kepada Verizon. Kesepakatan tersebut diketahui bernilai 4,83 miliar dollar AS, atau senilai Rp 64 triliun.

Sehingga nantinya nama Yahoo akan tetap ada khusus untuk mesin pencari, portal berita, dan surat elektronik, dimana ketiga lini usaha ini akan bersinergi dengan lini usaha Verizon lainnya, AOL.Sayangnya dalam perjalanan kesepakatan, sistem Yahoo sempat disusupi oleh peretas yang berhasil mengakses lima ratus juta data pengguna Yahoo.

Akibatnya Verizon pun dikabarkan akan memikirkan ulang pembelian saham Yahoo, atau setidaknya mengurangi harga pembelian saham sebesar 1 miliar dollar AS (Rp 13,3 triliun).

Selain Mayer, beberapa petinggi Yahoo pun dikabarkan akan turut meninggalkan perusahaan yang berbasis di Sunnyvale, California, AS. Termasuk co-founder David Filo, yang turut mendirikan Yahoo pada Januari 1994 silam bersama Jerry Yang.

Sebagai suksesi, Eric Brandt, mantan CFO (Chief Financial officer) Broadcom Corp. yang baru bergabung dengan Yahoo Maret tahun lalu, kabarnya akan memimpin perusahaan baru bernama Altaba ini.

Marissa Mayer bergabung dengan Yahoo pada Juli 2012. Wanita 41 tahun ini direkrut Yahoo setelah sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden untuk Google Product Search. Ketika direkrut, Mayer memimpin Yahoo yang ketika itu dalam ambang kekacauan dan telah berganti empat Chief Executive hanya dalam waktu empat tahun. (zaq/wnz)

Editor's Pick

Add a Comment