5 Fakta tentang Desainer Muda Leonard Theosabrata

Powered by Go Ahead Challenge

Oleh
Leonard Theosabrata.

Pemuda Indonesia terus saja memberikan harapan kepada bangsa, para pemimpi yang tak hentinya berinovasi dan berambisi memberikan yang terbaik adalah visi dari masa depan negara ini. Leonard Theosabrata ialah salah satunya. Lahir pada tahun 1977, dia kemudian berkuliah di Art Center College of Design di Pasadena sebelum menelusuri berbagai macam bidang kreatif. Seperti apa jejak langkahnya? Berikut fakta tentang desainer muda Leonard Theosabrata.

1) Punya Prestasi Internasional

Pria berusia 39 tahun ini telah beberapa kali meraih penghargaan dengan skala internasional. Di antaranya Red Dot Design Award (2003) di Jerman dan Well Tech Award (2006) di Italia. Keduanya merupakan ajang desain bergengsi dunia. Karyanya juga pernah dipajang di Science and Technology Museum ketika Milan Fair 2006. Selain itu, ia juga pernah memenangkan Good Design Award (2005) di Jepang dan Wallpaper Design Award (2009) untuk karya kolaborasinya dengan desainer dunia Michael Young ketika mengerjakan produk furnitur Accupunto. Sederet keberhasilannya ini diraihnya di usia yang tergolong muda.

2) Founder INDOESTRI

Tak cukup punya brand sendiri, Leonard Theosabrata menggagas INDOESTRI, pionir makerspace di Indonesia yang menjadi wadah bagi entrepreneur, maker, dan pelaku kreatif yang ingin mengembangkan kapabilitasnya. Di tempat ini, ia menyalurkan ambisinya sebagai pembuat karya yang mengedepankan self-made atau kemampuan untuk berkarya dengan tangan sendiri.

Sejatinya INDOESTRI adalah sebuah melting pot dari berbagai studio inspirasional dan loka karya dengan alat yang bagus. Di tempat seluas 2000 m2 ini desainer independen dan mikro bisnis diberikan wadah untuk berkarya. Mereka juga menjanjikan tempat bertemunya teknologi dan keahlian tangan, di sini bisa ditemukan 3D Printer paling baru tapi juga disediakan mesin penggilingan manual.

Dibangun sejak tahun 2014, INDOESTRI kini semakin mapan sebagai tempat bertemunya para pelaku kreatif dan garansi kualitas tinggi.

3) Orang di Balik Brightspot Market dan The Goods Dept

Sebelum membuat INDOESTRI, Leonard bersama partner lebih dahulu membuat Brightspot Market, sebuah pasar di mana brand independen mendapatkan sarana untuk berjualan dan berkenalan dengan konsumennya. Dengan mengandalkan brand lokal, acara satu ini mengubah pasar dan memberikan kesempatan untuk industri kecil yang memulai usahanya.
Setelah sukses, Leonard bersama rekan-rekannya menggalang dana untuk The Goods Dept, perpanjangan tangan dari pasar tersebut. Tahun 2010, curated department store The Goods Dept pun resmi diluncurkan. Dengan cepat retail dengan gaya unik dan multidimensional ini menjadi sarana untuk mode alternatif dan produk gaya hidup dari desainer independen muda Indonesia dan brand internasional terpilih.

4) Brand Owner Ownd

Bukan hanya aktif di belakang layar, Leonard pun disibukkan dengan Ownd, self-made brand yang diproses dengan gaya lama dan mengandalkan bahan yang merupakan kombinasi sesuatu yang baru dengan inspirasi dari dunia lama. Produknya adalah sepatu Gorkhas yang didesain langsung oleh Leonard.

5) Kolaborasi dengan Go Ahead

Di tahun 2016, Limited Edition Design mengundang empat desainer tanah air yang memiliki spirit Go Ahead dengan berbagai latar belakang berbeda. Setelah dipilih oleh lebih dari satu juta Go Ahead People di Indonesia, karya Leonard Theosabrata terpilih menjadi karya paling favorit.

Desain Leonard untuk Limited Edition Design menampilkan garis-garis tegas yang dinamis membentuk sebuah pola sidik jari. Karya ini diberi judul "Ekspresi Identitas Diri" karena pola sidik jari identik dengan identitas yang pastinya berbeda pada setiap orang. Semangat Go Ahead yang ingin disampaikan Go Ahead Challenge x Leonard Theosabrata adalah keberanian untuk konsisten jadi diri sendiri di segala situasi; tidak hanya sekedar ikut arus atau tren yang ada. Sesuai dengan statement dari Leonard Theosabrata, "Individuality, for me personally, is very important. Bukan individuality yang selfish, tapi individuality dalam hal: menjadi original. You should always think about originality when approaching work, life, anything."

Limited Edition Design adalah salah satu inovasi yang berfokus pada pengembangan kreativitas. Direalisasikan dalam bentuk co-creation (kolaborasi) bersama talenta terbaik, Limited Edition Design memberikan platform bagi talenta yang ada untuk bisa memamerkan kreativitas mereka, sekaligus menyebarkan inspirasi kreatif kepada publik dalam bentuk desain packaging produk yang spesial.

Kolaborasi Go Ahead Challenge x Leonard Theosabrata telah dirilis pada bulan Agustus 2016. Desain ini telah bisa didapatkan di gerai seperti Indomart, 7-11 dan Circle K .

Lebih banyak informasi mengenai proyek kolaborasi Go Ahead & Leonard Theosabrata bisa diikuti di GoAheadPeople.com, di mana banyak aktivitas dan berita mengenai Limited Edition Design ditayangkan.



Related

Most Viewed

  1. 10 Kolaborasi Seru yang Terjadi di Soundrenaline 2017
  2. Saksikan Trailer Film ‘Chrisye’ yang Menampilkan Vino G. Bastian
  3. Linkin Park Akan Tampil di Konser Penghormatan Chester Bennington
  4. Dengarkan Lagu Punk dalam Vinil Beyoncé
  5. Sam Smith Dokumentasikan Perpisahan Romantis dalam Video ‘Too Good at Goodbyes’

Editor's Pick

Add a Comment