Nyaris Sepuluh Tahun, Apa Kabar Album Terbaru Koil?

Vokalis Otong mengaku bagai terkena kutukan

Oleh
Koil. Facebook/Koil TV

Setelah terakhir kali merilis album Blacklight Shines On via majalah Rolling Stone Indonesia pada 2007, Koil hingga kini belum juga dapat memastikan perilisan album studio terbaru mereka. Ketidakpastian ini dibeberkan oleh Otong, vokalis Koil, dalam wawancara telepon bersama Rolling Stone Indonesia. "Saya itu seperti terkena kutukan, ada saja yang menghalangi untuk membuat sesuatu," ujar Otong.

Pada Agustus mendatang Koil akan merilis komik Koil: Dragonian Warriors. Proyek yang dikerjakan sejak 2012 ini akhirnya mendapat kejelasan tanggal rilis. Selain perilisan komik, Koil belum bisa memutuskan akan merilis apa lagi tahun ini. Berbagai proyek yang sempat dipromosikan di media sosial, semuanya mengalami kendala dalam proses penyelesaiannya.

"DVD Konser Sabuga sebenarnya sudah selesai dua tahun lalu, untuk album baru juga sudah ada 25 lagu, tapi saya kayak dikutuk, selalu ada masalah, dari mulai file hilang, hard disk hilang, monitor rusak, komputer jebol. Nggak mengerti kenapa," keluh Otong.

Di awal tahun sempat tersiar kabar kalau Koil akan merilis vinil album Megaloblast pada Maret 2016. Vinil tersebut akhirnya memang dijual di Record Store Day 2016, meskipun dicetak sebanyak 303 kopi tapi anehnya tak ada sampul album yang menyertai. Belakangan diketahui bahwa vinil yang diedarkan tersebut belum dirilis secara resmi.

"Kemarin ada yang mau rilis vinil, ada yang mau modalin, di tengah jalan kehabisan dana, dia berinisiatif untuk membuka pre-order, tapi kan nggak enak nama bandnya nanti kalau duitnya udah kekumpul tapi dianya malah kabur, jadi kami belilah senilai Rp 150 juta, dia udah dapat untung dari duit itu," cerita Otong. "Setelah itu harusnya rilis Maret, sekitar akhir Januari mulai mengerjakan cover, orang yang bikin cover juga hilang bawa lari duitnya."

Karena berbagai kesialan yang menimpa Koil, Otong tidak bisa memperkirakan kapan Koil akan merilis proyek-proyek yang sebenarnya sudah selesai dikerjakan tersebut. Tahun ini pun akhirnya difokuskan untuk mempromosikan komik Koil: Dragonian Warriors. "Kami akan datang untuk melakukan signing session di Popcon Asia 2016," kata Otong.

Koil pertama kali dibentuk di Bandung pada 1993 oleh J.A. Verdijantoro (Otong), Donnijantoro, Ibrahim Nasution (Imo), dan Leon Ray Legoh. Belakangan Adam Vladvamp dari Kubik ikut bergabung, sementara Imo hengkang karena konflik internal. Total tiga album studio telah dirilis yaitu Koil (1996), Megaloblast (2001), dan Blacklight Shines On (2007)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  2. Inilah Para Pemenang AMI Awards 2017
  3. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  4. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak
  5. Trailer Film 'Posesif' Tampilkan Adipati Dolken dan Putri Marino dalam Percintaan yang Brutal

Add a Comment